Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Celebes Air Berencana Datangkan Pesawat ATR 42

Bosowa Corporindo, kelompok bisnis berbasis di Makassar, berencana mendatangkan lagi satu unit pesawat ATR 42 untuk memperkuat ekspansi perseroan di sektor penerbangan perintis di Sulawesi Selatan.

Bisnis.com, MAKASSAR—Bosowa Corporindo, kelompok bisnis berbasis di Makassar, berencana mendatangkan lagi satu unit pesawat ATR 42 untuk memperkuat ekspansi perseroan di sektor penerbangan perintis di Sulawesi Selatan.

CEO Bosowa Resources Munafri Arifuddin mengemukakan rencana untuk mendatangkan pesawat ATR 42 itu diharapkan dapat terealisasi pada tahun ini seiring dengan peluncuran maskapai Cahaya Bone milik perseroan yang menggunakan nama Celebes Air.

Kendati demikian, katanya, pesawat ATR 42 itu tetap mengikuti perkembangan maskapai dari sisi permintaan pasar dari rute perintis di Sulsel.

Bosowa secara resmi meluncurkan Celebes Air pada Senin (10/3/2014), yang ditandai dengan kedatangan dua pesawat PAC 750 dengan segmentasi penerbangan perintis ke sejumlah kabupaten di Sulsel.

“Selain ini [PAC 750], kami punya satu unit helikopter yang bakal beroperasi secara komersial. Pada tahun ini, kami juga berencana menambah satu unit ATR 42 sebagai ekspansi di penerbangan perintis Sulsel,” katanya di sela-sela peluncuran Celebes Air.

Menurutnya, pesawat PAC 750 merupakan langkah awal Bosowa untuk merambah bisnis penerbangan yang juga untuk menyediakan pilihan moda transportasi bagi masyarakat Sulsel.

Dari sisi investasi, dua unit PAC 750 itu mencapai Rp40 miliar yang merupakan produksi dari Selandia Baru.

Terkait dengan harga pengadaan armada ATR 42, Munafri belum memastikan karena masih dalam penjajakan pemilihan seri untuk jenis pesawat turboprop tersebut.

Managing Director Ersa Eastern Aviation, anak usaha Bosowa Corporindo sekaligus operator Celebes Air, Pieter Wattimena mengemukakan selain melayani rute perintis, pihaknya juga menyediakan pesawat carter bagi korporasi dan pemerintah daerah dengan tujuan sejumlah kabupaten di Sulsel.

“Khusus di Sulsel, daerah yang bakal kami layani itu Kabupaten Luwu, Selayar, Bone dan Toraja,” katanya.

Terkait tarif, lanjut Pieter, pihaknya masih tengah menghitung yang bakal disesuaikan dengan permintaan pasar.

Kendati demikian, tarif Cahaya Bone atau Celebes Air dipastikan bakal bersaing dengan tarif maskapai lainnya yang terlebih dahulu telah beroperasi di Sulsel, diantaranya Sky Aviaton dan Susi Air.

“Selain Sulsel, kedepannya kita juga akan melayani penerbangan ke beberapa daerah di Sulawesi Barat seperti Mamuju dan Mamasa,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper