Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hanya Bali dan Jakarta yang Penuhi Kriteria MICE Internasional

Perkembangan industri Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) di Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Setidaknya, dari 34 provinsi di Indonesia, hanya Bali dan Jakarta yang layak dikatakan sebagai existing destination berdaya saing internasional
 Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA– Perkembangan industri Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) di Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara lain.

Setidaknya, dari 34 provinsi di Indonesia, hanya Bali dan Jakarta yang layak dikatakan sebagai existing destination berdaya saing internasional.

Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus dan MICE Achyaruddin mengakui dari berbagai destinasi yang ada di Indonesia, hanya Bali dan Jakarta yang saat ini terbukti memenuhi seluruh kriteria destinasi MICE.

Hal tersebut diperkuat  pula dengan riset hasil  riset  ICCA (International Congress & Convention Association)/ ICCA  World City Rangkings International Association Meeting Market Tahun 2012 yang mengatakan bahwa hanya 2 destinasi MICE Indonesia  yang masuk di daftar ICCA.

Yakni Bali yang pada 2012 lalu berada di posisi 48, naik cukup tajam dari posisi 2011 yang masih menempati posisi 92. Sementara Jakarta  hanya menempati rangking 176 pada 2012, merosot dari posisi sebelumnya diperingkat 172.

Beberapa faktor yang menyebabkan destinasi tersebut memiliki standar MICE internasional

Aksesibilitas

Memiliki bandara internasional dan direct flight puluhan kota didunia menjadi salah satu faktor yang penting untuk dikatakan sebagai destinasi MICE,

Dukungan Stakeholder

yang sangat aktif mulai dari BPPD, INCCA, SIPCO, Dinas Pariwisata, Asosiasi Profesi dan Asosiasi Industri

Tempat –tempat menarik

Kedua destinasi ini memiliki ratusan atraksi wisata, tempat hiburan, restoran stnadar nasional dan internasional, shopping center dsb

Fasilitas akomodasi

Ratusan hotel berbintang sandar internasional dan ribuan hotel melati, ribuan kamar dan pelayanan yang sangat baik

Fasilitas Meeting

yang memiliki standar internasional dengan kapasitas hingga lebih 10,000 orang

Fasilitas Pameran,

Kedua destinasi memiliki venue exhibithion yang telah berstandar internasional

Citra Destinasi

Kedua destinasi ini memiliki pengalaman yag baik sebagai tuan rumah berbagai meeting dan event international, Khususnya Bali memiliki citra sebagai “number one leisure desination in the world”  dan Jakarta sebagai ibukota negara dan memiliki Destination Marketing Organization yang aktif memasarkan Jakarta.

Keadaan Lingkungan

Infrastruktur yang cukup baik, keberadaan Rumah Sakit internasional, Money Changer, Percetakan dll , serta

Profesionalitas SDM.

Kedua destiansi ini terdapat berbagai pemain di industri MICE: PCO, PEO, DMC, EO, Travel Agent, Freight forwarder, Pengusaha MICE berpengalaman, Lembaga Pendidikan bidang MICE, SDM bersertifikasi. Jakarta yang memiliki Perguruan Tinggi progdi MICE dan LSP MICE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper