Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman Bulan Ini

Pemerintah menjamin stok pangan pada bulan ini (Maret) dalam kondisi aman. Hal ini berdasarkan data sejumlah komoditas yang harga relatif stabil pada Februari.
Penjualan bahan pangan/Bisnis
Penjualan bahan pangan/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah menjamin stok pangan pada bulan ini (Maret) dalam kondisi aman. Hal ini berdasarkan data  sejumlah komoditas yang harga relatif stabil pada Februari.

“Dari pantauan tidak terdapat sedikitpun gangguan pada bahan pangan kita dan dapat juga disampaikan harga-harga relatif stabil,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, sebagaimana dimuat pada situs Menko Perekonomianm, Jumat  (7/3/2014).

Menko juga mengatakan harga-harga yang stabil ini yang membuat inflasi pada bulan Februari kemarin relative lebih rendah dari pada bulan Januari. Di mana inflasi Februari sebesar 0,26%  sementara inflasi pada Januari sebesar 1,07%.

Walaupun harga-harga relatif stabil, tapi ada beberapa komiditi yang mengalami peningkatan. Namun, sambung dia, peningkatan tersebut tidak terlalu berarti mendorong inflasi pada Februari kemarin.

“Komoditas yang mengalami kenaikan cukup tajam seperti cabe rawit meningkatnya sampai 93%,” ujarnya.

Sementara, terputusnya jalur akibat cuaca ekstrim diakui Menko tidak terlalu memberikan dampak besar. Pasalnya, saat gangguan trasportasi tersebut terjadi Bulog tetap melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas pangan.

Menko menjelaskan terkait dengan inflasi pemerintah akan memantau secara ketat, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang dapat mendorong inflasi semakin tinggi.

"Kita mengharapkan inflasi (Maret) kecil. Harga-harga jangan sampai tidak terkendali kita jaga pasokan dan ketersedianan bahan pokok terutama beras," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper