Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik 22,59% di Januari 2014

Meski terbilang masa low season, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada Januari ini terbilang cukup tinggi, mencapai 753.100. Angka tersebut meningkat hingga 22,59% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Bisnis.com, JAKARTA - Meski terbilang masa low season, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada Januari ini terbilang cukup tinggi, mencapai 753.100. Angka tersebut meningkat hingga 22,59% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), peningkatan kedatangan para turis asing tersebut, terjadi hampir di semua pintu masuk dengan presentase kenaikan tertinggi di Bandara Internasional Lombok , NTB yang melonjak hingga 374%.

Selanjutnya, Bandara Internasional Minangkabau, Sumatra Barat sebesar 138,27%; serta Makassar, Sulawesi Selatan dengan peningkatan sebesar 111,26%.

Di sisi lain, masih ada beberapa pintu masuk yang justru mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan, termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sebesar 6,53%; dan Bandara Adi Sumarmo, Jawa Tengah 28,27%.

Dari seluruh turis asing yang melakukan kunjungan ke Indonesia pada awal tahun ini, sebagian besar masih didominasi oleh negara tradisional seperti Singapura dengan kontribusi 15,69%, Malaysia 14,73%, dan turis asal China 12,67%.

Sementara itu, bila dibandingkan dengan libur akhir tahun lalu yang sempat memecahkan rekor kunjungan wisman hingga 860.700, jumlah tersebut melorot 12,5%. Dengan penurunan yang terjadi hampir di semua pintu masuk.

Adapun, presentase penurunan tertinggi terjadi di pintu masuk Entikong sebesar 47,93%, dan penurunan terendah di Bandara Internasional Minangkabau 0,88%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper