Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cetak Pengusaha Muda, Kemenkop Gelar Program Magang

Sejumlah 400 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jabodetabek memulai program Magang Bagi Pemuda yang mendorong mereka menjadi wirausaha baru atau pemula
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 20 Februari 2014  |  18:57 WIB
 Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Sejumlah 400 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jabodetabek memulai program Magang Bagi Pemuda yang mendorong mereka menjadi wirausaha baru atau pemula.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetio, mengemukakan magang berlangsung selama 25 hari ke depan dan para mahasiswa ditempatkan di berbagai perusahaan maupun koperasi.

Sebelumnya mereka wajib mengikuti seleksi di kampus masing-masing. Perusahaan yang mendukung kesuksesan program ini diantaranya adalah CV Bali Nirwana, beberapa perusahaan di kawasan Jababeka, CV Ras Group. Koperasi yang dilibatkan di antaranya Koperasi Karya Insa dan Koperasi Darunajah. 

 ”Mungkin peserta kurang menyukai metoda program magang, namun harus bisa melihat seperti apa pola yang mereka laksankan ketika menjalankan bisnis atau usahanya,” katanya kepada peserta magang saat memulai program magang, Kamis (20/2/2014).

Sejak program ini dimulai pada tahun 2011 hingga 2013, jumlah yang sudah mengikuti program magang ini  mencapai 1.540 pemuda dari berbagai wilayah, di antaranya dari Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi.

"Kami berharap program ini bisa memberikan pengalaman sekaligus sebagi jembatan pemuda untuk mengenal aktivitas dunia usaha. Bagaimana bisa menjadi sukses, bisa juga dimulai dengan impian-impian mereka,” ungkap Prakoso.

Dikemukakan, dari 1.540 pemuda yang telah mengikuti program magang, sejumlah 40% di antaranya sudah berpredikat wirausaha. Dari 400 peserta kali ini, juga diharapkan bisa mengikuti jejak pendahulu mereka menjadi orang sukses.

Program magang yang dikaitkan dengan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN), untuk mendorong wirausaha baru dari generasi muda, khususnya mahasiswa. Dari generasi itu diharapkan mampu mengurangi pengangguran dari kaum muda, sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha magang
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top