Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu AS John F. Kerry Datangi Marty, Apa yang Dibahas?

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John F. Kerry datangi Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 17 Februari 2014  |  09:39 WIB
/Menlu AS John Kerry - Reuters
/Menlu AS John Kerry - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John F. Kerry datangi Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Pagi ini, Senin (17/2/2014), Kerry dan Menteri Luar Negeri RI Marty M. Natalegawa bertemu di Kompleks Kementerian Luar Negeri RI di Pejambon, Jakarta, untuk melakukan Sidang Komisi Bersama (SKB).

Pertemuan SKB ini merupakan yang ke empat yang dilakukan dalam kerangka Comprehensive Partnership antara kedua negara. Indonesia dan AS bersama-sama meluncurkan Comprehensive Partnership pada saat kunjungan kenegaraan Presiden AS Barrack Obama ke Indonesia, 9–10 November 2010.

Sebagai sebuah kesepakatan, Comprehensive Partnership merupakan sebuah kemitraan setara dan berpandangan ke depan dengan mengoptimalkan segala kesempatan dalam kerja sama bilateral.

Hubungan tersebut bersifat komprehensif dan multi-sektoral, sehingga tidak lagi terpaku pada single issue interest.

Adapun SKB merupakan mekanisme pemantauan kerjasama kedua negara dalam kerangka Comprehensive Partnership. SKB tersebut terdiri dari enam kelompok kerja, yaitu demokrasi dan masyarakat madani, keamanan, perdagangan dan investasi, pendidikan, perubahan iklim dan lingkungan hidup, serta energi.

Kedua, Ketua Delegasi sepakat bahwa dengan adanya JCM maka diharapkan hubungan bilateral kedua negara menjadi lebih terstruktur, terprediksi dan terukur.

Selain membahas isu-isu dalam keenam kelompok kerja tersebut di atas, pada SKB hari ini juga kedua menlu akan menandatangani Memorandum of Understanding on South-South and Triangular Cooperation dan Memorandum of Understanding on Combating on Wildlife Trafficking and Promotion of Wildlife Conservation. 

Di samping itu, telah pula disepakati suatu Plan of Action bagi Comprehensive Partnership yang merupakan dokumen untuk memandu kerja sama kedua negara dalam tiga pilar utama kerjasama, yaitu politik dan keamanan, ekonomi dan pembangunan, serta sosial budaya dan pendidikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menlu as marty natalegawa
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top