Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Optimisme Pebisnis Turun di Hampir Semua Sektor

Penurunan tingkat optimisme pelaku bisnis terhadap kondisi perekonomian berlanjut kuartal I/2014 seiring peningkatan harga bahan baku dan biaya produksi akibat pelemahan rupiah.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 05 Februari 2014  |  20:51 WIB
  Optimisme pebisnis di sektor pertambangan turun.
Optimisme pebisnis di sektor pertambangan turun.

Bisnis.com, JAKARTA – Penurunan tingkat optimisme pelaku bisnis terhadap kondisi perekonomian berlanjut kuartal I/2014 seiring peningkatan harga bahan baku dan biaya produksi akibat pelemahan rupiah.

Survei tendensi bisnis yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan indeks tendensi bisnis kuartal I/2014 hanya 103,93. Penurunan optimisme sebelumnya terjadi  kuartal IV/2013 yang 104,72 atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang 106,12.

Penurunan optimisme terjadi pada semua sektor kecuali sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan serta sektor industri pengolahan.

“Sektor pertambangan dan penggalian malah menurun dengan indeks 95,4. Indeks di bawah 100 menandakan kondisi bisnis menurun dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Ini berkaitan dengan pelarangan ekspor mineral,” kata Kepala BPS Suryamin, Rabu (5/2/2014).

Survei indeks tendensi bisnis dilakukan terhadap 2.300 perusahaan besar dan sedang dengan responden pimpinan perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pebisnis indeks tendensi bisnis
Editor : Setyardi Widodo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top