Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cintai Batik, Ini Pesan SBY buat Gubernur dan Bupati

Karena begitu bangga terhadap kekayaan batik nasional, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan pesan kepada Gubernur Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Pekalongan untuk terus membimbing dan mengawal usaha batik.
 Presiden SBY Kunjungi Pekalongan/Antara
Presiden SBY Kunjungi Pekalongan/Antara

Bisnis.com, PEKALONGAN - Karena begitu bangga terhadap kekayaan batik nasional, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan pesan kepada Gubernur Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Pekalongan untuk terus membimbing dan mengawal usaha batik.

"Saya bangga akan kekayaan budaya bangsa. Saya bangga akan batik Pekalongan dan diharapkan semoga batik Pekalongan kedepan semakin jaya," tegas SBY, saat berkunjung di International Batik Center (IBC) Pekalongan, Rabu (5/2).

Menurutnya, batik merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki masa depan cerah dan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup.

Presiden SBY berpesan kepada bupati dan gubernur selalu mengawal dan membimbing usaha batik agar terus lestari, tetap kreatif dan inovatif, serta lebih maju.

"Saya titip kepada bupati dan gubernur untuk selalu mengawal dan membimbing usaha batik ini agar terus lestari, tetap kreatif dan inovatif serta lebih maju. Apabila ada kesulitan yang dihadapi para perajin, hendaknya dapat dipermudah, misalnya saja terkait permodalan," kata Presiden.

Presiden mengatakan usaha produksi batik diharapkan dapat terus ditekuni dan dikembangkan agar lebih maju.

Hal ini, kata Presiden, dapat menjadi peluang pasar berskala nasional maupun potensi ekspor.

"Sebagai contoh, negara tetangga Singapura sudah menjadi pasar terbuka untuk produksi batik karena masyarakatnya menyukai batik. Bisa dibayangkan jika saat ini penduduk Singapura sekitar 50 juta jiwa, bagaimana jika 10 tahun ke depan yang mungkin saja bisa mencapai 150 juta jiwa, tentunya hal ini bisa menjadi pangsa pasar yang besar, dapat berpengaruh secara signifikan terhadap perekonomian masyarakat dan bangsa" katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangkaian road show ke sejumlah daerah di wilayah pantura, berkesempatan mengunjungi International Batik Center (IBC) di Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Presiden juga menyempatkan diri berkeliling dan melihat-lihat beragam jenis dan motif batik Pekalongan yang dijual di IBC. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper