Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cintai Batik, Ini Pesan SBY buat Gubernur dan Bupati

Karena begitu bangga terhadap kekayaan batik nasional, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan pesan kepada Gubernur Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Pekalongan untuk terus membimbing dan mengawal usaha batik.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 05 Februari 2014  |  16:59 WIB
Cintai Batik, Ini Pesan SBY buat Gubernur dan Bupati
Presiden SBY Kunjungi Pekalongan - Antara

Bisnis.com, PEKALONGAN - Karena begitu bangga terhadap kekayaan batik nasional, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan pesan kepada Gubernur Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Pekalongan untuk terus membimbing dan mengawal usaha batik.

"Saya bangga akan kekayaan budaya bangsa. Saya bangga akan batik Pekalongan dan diharapkan semoga batik Pekalongan kedepan semakin jaya," tegas SBY, saat berkunjung di International Batik Center (IBC) Pekalongan, Rabu (5/2).

Menurutnya, batik merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki masa depan cerah dan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup.

Presiden SBY berpesan kepada bupati dan gubernur selalu mengawal dan membimbing usaha batik agar terus lestari, tetap kreatif dan inovatif, serta lebih maju.

"Saya titip kepada bupati dan gubernur untuk selalu mengawal dan membimbing usaha batik ini agar terus lestari, tetap kreatif dan inovatif serta lebih maju. Apabila ada kesulitan yang dihadapi para perajin, hendaknya dapat dipermudah, misalnya saja terkait permodalan," kata Presiden.

Presiden mengatakan usaha produksi batik diharapkan dapat terus ditekuni dan dikembangkan agar lebih maju.

Hal ini, kata Presiden, dapat menjadi peluang pasar berskala nasional maupun potensi ekspor.

"Sebagai contoh, negara tetangga Singapura sudah menjadi pasar terbuka untuk produksi batik karena masyarakatnya menyukai batik. Bisa dibayangkan jika saat ini penduduk Singapura sekitar 50 juta jiwa, bagaimana jika 10 tahun ke depan yang mungkin saja bisa mencapai 150 juta jiwa, tentunya hal ini bisa menjadi pangsa pasar yang besar, dapat berpengaruh secara signifikan terhadap perekonomian masyarakat dan bangsa" katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangkaian road show ke sejumlah daerah di wilayah pantura, berkesempatan mengunjungi International Batik Center (IBC) di Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Presiden juga menyempatkan diri berkeliling dan melihat-lihat beragam jenis dan motif batik Pekalongan yang dijual di IBC. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top