Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stok Pangan Sejumlah Daerah Mulai Menipis

Stok pangan di sejumlah daerah di Indonesia menipis akibat pasokan masih ketat, tetapi pemerintah belum memutuskan untuk mengimpor berbagai bahan pangan dalam waktu dekat.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 20 Januari 2014  |  22:45 WIB

Bisnis.com, MEDAN -Stok pangan di sejumlah daerah di Indonesia menipis akibat pasokan masih ketat, tetapi pemerintah belum memutuskan untuk mengimpor berbagai bahan pangan dalam waktu dekat.

"Pemerintah masih yakin pasokan semakin pulih. Jadi belum memutuskan impor dalam waktu dekat," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Karo, Senin (20/1/2014) setelah meninjau pasar di Kwala Bekala Medan dan di Berastagi, Karo.

Pasokan bahan pangan semakin ketat sebagai dampak anomali cuaca. Hasil pantauan, harga berbagai barang naik, seperti cabai merah menjadi sekitar Rp50.000 dari sebelumnya Rp24.000 per kilogram.

"Meski belum memutuskan impor, tetapi pemerintah terus memantau perkembangan harga agar bisa segera melakukan tindakan," katanya, yang dikutip Antara.

Selain terus memantau harga di pasar, katanya, pemerintah meminta agar kegiatan pengiriman bahan pangan secara antarpulau ditingkatkan.

Selain itu, katanya, perlu mengawal hasil panen.

Dia mengatakan bahwa hal yang berbeda dengan bahan pangan seperti cabai, pemerintah tidak bisa menghindari impor sapi dan kedelai karena memang kebutuhannya jauh di atas produksi.

Padahal, katanya, awalnya pemerintah belum akan melakukan impor dengan cepat karena berharap ada peningkatan produksi nasional.

Pada 2014, produk yang akan diimpor masih kedelai, bawang putih, dan sapi.

Seorang pedagang di Pasar Inpres Kwala Bekala, S. Tarigan, menyebutkan, sejak bencana Sinabung, pasokan hortikultura semakin ketat.

"Sehingga untuk menutupi kebutuhan, pedagang memasok dari daerah lain, seperti Sumatera Barat dan Jawa," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pangan impor pangan harga pangan
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top