Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara UKM Peroleh Dana Eximbank Hingga Rp100 Miliar

Indonesia Eximbank menyediakan dana pembiayaan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) sebesar Rp4 triliun sepanjang tahun ini. Bagaimana cara mendapatkannya?
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR - Indonesia Eximbank menyediakan dana pembiayaan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Rp4 triliun sepanjang tahun ini. Bagaimana cara mendapatkannya?

I Made Gde Erata, Ketua Dewan Direktur merangkap sebagai Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, mengatakan pihaknya bakal menyalurkan dana pembiayaan UKM masing-masing Rp50 miliar hingga Rp100 miliar.

"Kami selalu selektif dalam penyaluran pembiayaan terutama bagi UKM sehingga rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) masih terjaga 1,11%," ungkapnya di Sanur, Bali, Jumat (17/1/2014).

Dia mengatakan persyaratan bagi UKM yang ingin memperoleh kredit pembiayaan dari Eximbank tidaklah sulit. Ujian pertama, UKM tersebut harus berorientasi ekspor. Jika UKM itu tidak memiliki bisnis ekspor, tentu Eximbank tidak dapat menyalurkan pembiayaan kredit.

Kemudian kedua, UKM tersebut akan dipelajari rencana proyek bisnis ke depan. Hendaknya, sebuah UKM mempunyai rencana jangka pendek, menengah dan panjang untuk memperluas bisnisnya terutama pada sisi ekspor.

Ketiga, UKM tersebut harus memiliki kontrak dengan pembeli di luar negeri dengan menunjukkan surat kontrak kepada pihak Eximbank.

Jika UMK itu telah memenuhi persyaratan yang diberikan oleh Eximbank, tentunya tidak ada alasan bagi mereka untuk mendapatkan kredit produksi.

Nantinya, UKM itu juga dapat meningkatkan plafon pinjaman apabila perkembangan bisnis mereka telah meningkat. Maksimum pinjaman yang diberikan sebesar Rp100 miliar.

"Jika sudah lebih dari Rp100 miliar, UKM itu akan menjadi nasabah korporasi. Bunga yang kami berikan juga masih rendah bagi UKM hanya 11% dan bagi korporasi 9%-105," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper