Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Kosmetik Bakal Naik 10% Jika Tarif Listrik Dinaikkan

Kalangan pengusaha kosmetik bakal menaikkan harga jual produk 5%-10% apabila pemerintah tahun ini menaikkan tarif dasar listrik (TDL) untuk golongan industri kelompok menengah (I-3) dan besar (I-4).
Antara
Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan pengusaha kosmetik bakal menaikkan harga jual produk 5%-10% apabila pemerintah tahun ini menaikkan tarif dasar listrik (TDL) untuk golongan industri kelompok menengah (I-3) dan besar (I-4).

Ketua Umum Perhimpunan Pengusaha dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika) Putri K. Wardhani mengatakan kenaikan tarif listrik sangat memukul pelaku industri kosmetik.

“Seperti industri lainnya, kami merasa sangat keberatan rencana kenaikan tarif listrik,” papar Putri kepada Bisnis,  Jumat (17/1/2014).

Beberapa waktu lalu, pihaknya bersama asosiasi dari industri lain mengajukan keberatan atas kenaikan tarif listrik tahun ini. Karena kondisi ekonomi saat ini kian terpuruk dengan depresiasi rupiah serta kenaikan upah buruh pada tahun sebelumnya.

Putri sempat melakukan perhitungan sementara, untuk kenaikan tarif listrik 64% berdampak pada kenaikan biaya produksi 15%. Biaya itu belum termasuk kenaikan biaya-biaya tidak langsung seperti pemasok bahan baku, kemasan, transportasi yang kemungkinan menaikkan harga jual produk atau jasa mereka.

“Dampak kenaikan tersebut bisa mendorong kenaikan harga 5% hingga 10%. Itu pun tergantung jenis produk dan margin dari masing-masing barang,” ujar Putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper