Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal & Tahun Baru, Konsumsi Avtur Meningkat

Momen Natal di penghujung 2013 dan Tahun Baru 2014 yang bertepatan dengan musim libur sekolah menyebabkan naiknya konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara.

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Momen Natal di penghujung 2013 dan Tahun Baru 2014 yang bertepatan dengan musim libur sekolah menyebabkan naiknya konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara.

External Relation Pertamina Marketing Marketing Operation Regional (MOR) VI Rudi Biantoro mengatakan konsumsi avtur saat ini bisa mencapai 400 kiloliter per hari dari konsumsi biasa yang mencapai 380 kiloliter per hari.

"Karena memang ada peningkatan aktifitas pesawat udara dari Bandara Sepinggan saat liburan seperti ini," ujarnya ketika dihubungi Bisnis,com, Selasa (31/12/2013).

Dia mengatakan penaikan konsumsi avtur saat Natal dan Tahun Baru memiliki tren yang sama dibandingkan dengan saat Lebaran. Namun angkanya lebih rendah dibandingkan saat Lebaran karena periode tersebut melibatkan lebih banyak pesawat.
 
Adapun tambahan suplai yang disiapkan oleh Pertamina MOR VI mencapai 50 kiloliter per hari. Rudi menjamin ketersediaan pasokan avtur akan tetap aman hingga pergantian tahun.

Saat ini, suplai avtur disiapkan dari Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Bandara Sepinggan dengan kapasitas tangki penyimpanan 2.000 kiloliter.

Rencananya, kapasitas tangki DPPU tersebut akan ditingkatkan menjadi 8.000 kiloliter yang pembangunannya dijadwalkan mulai Februari 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper