Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia X Beli 25 Airbus A330-300

AirAsia X menandatangani perjanjian dengan Airbus untuk pembelian pasti (firm order) sebanyak 25 Airbus A330-300 senilai US$ 6 miliar sebagai bagian dari ekspansi yang bakal dilakukan ke depannya.

Bisnis.com, JAKARTA – AirAsia X menandatangani perjanjian dengan Airbus untuk pembelian pasti (firm order) sebanyak 25 Airbus A330-300 senilai US$ 6 miliar sebagai bagian dari ekspansi yang bakal dilakukan ke depannya.

Co-Founder and Director AirAsia X Tony Fernandes mengatakan perjanjian tersebut meningkatkan jumlah pemesanan pesawat AirAsia X menjadi 51 pesawat ditambah dengan 6 pesawat Airbus A330-300 yang disewa dari International Lease Finance Corporation (ILFC), sehingga angka pemesanan mencapai 57 pesawat sampai dengan 2019.

“Pesawat ini nantinya akan mengakomodir rencana ekspansi AirAsia X di Malaysia, Thai AirAsia X di hub Thailand serta di beberapa hub AirAsia X lainnya yang nantinya akan dibentuk di Asia,” katanya dalam siaran pers, Senin (23/12/2013).

Dalam skema pembelian ini, AirAsia juga memesan Airbus A330-300 dengan versi jarak tempuh yang lebih panjang, sehingga nantinya akan memungkinkan maskapai untuk membuka layanan penerbangan non-stop ke benua Eropa maupun penerbangan ke Amerika dengan satu pemberhentian.

Perjanjian pembelian pesawat tersebut ditandatangani oleh Azran Osman-Rani, CEO AirAsia X dan Fabrice Brégier, President & CEO Airbus yang disaksikan oleh Tan Sri Tony Fernandes, Co-founder and Director AirAsia X serta John Leahy, Chief Operating Officer, Customer Airbus di hotel Shangri-La, Paris.

Pengiriman pesawat  rencananya dimulai pada 2015 seiring dengan rencana ekspansi maskapai di kawasan Asia Pasifik.

Fernandes memprediksi potensi pasar yang cukup besar di kawasan Asia Pasifik berdasarkan tingkat penetrasi pasar rendah untuk penerbangan low cost carrier dibawah 4 jam, yakni dibawah 10%.

Dia memperkirakan jumlah maskapai low cost carrier berbadan besar dikawasan ini mencapai kurang lebih 100 maskapai, apabila pasar meningkat sebesar 35% lima tahun mendatang.

President & CEO, Airbus Fabrice Brégier mengatakan Airbus A330 adalah pesawat yang sangat tepat untuk mendukung model bisnis ini, karena selain biaya pengoperasiannya yang lebih rendah, jarak tempuh yang lebih jauh serta rekam jejak yang baik menjadi keunggulan pesawat ini.

 “AirAsia X telah membuktikan kiprahnya di industri penerbangan berbiaya hemat jarak jauh, untuk itu, kami sungguh berharap untuk dapat terus bekerja sama dengan AirAsia X,” katanya

AirAsia X saat ini mengoperasikan sebanyak 15 Airbus A330-300s yang menghubungkan hub Kuala Lumpur dengan 18 destinasi di Asia, Australia, dan Saudi Arabia. Selain memesan pesawat Airbus A330, maskapai juga telah memesan sebanyak 10 pesawat A350-XWB.

Pemesanan AirAsia X yang baru saja dilakukan ini nantinya akan menjadikan Grup AirAsia sebagai salah satu pelanggan terbesar Airbus.

Secara keseluruhan, Grup maskapai saat ini telah memesan sebanyak 536 pesawat dari Airbus.

Pesanan tersebut mencakup 475 pesawat Airbus A320 untuk pengoperasian penerbangan jarak pendek dari hub Kuala Lumpur, Bangkok, Jakarta dan Manila, serta 51 pesawat Airbus A330, dan 10 pesawat Airbus A350-XWB untuk AirAsia X.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper