Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN: Pembebasan Lahan Listrik Tuntas Maret 2014

PLN menargetkan pembebasan seluruh lahan yang akan dilewati transmisi selesai pada Maret 2014, menyusul rencana penerbitan aturan kompensasi pembebasan lahan untuk fasilitas kelistrikan, terutama transmisi, sebelum 31 Desember 2013.

Bisnis.com, JAKARTA – PLN menargetkan pembebasan seluruh lahan yang akan dilewati transmisi selesai pada Maret 2014, menyusul rencana penerbitan aturan kompensasi pembebasan lahan untuk fasilitas kelistrikan, terutama transmisi, sebelum 31 Desember 2013.

Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PLN Nasri Sebayang menargetkan setelah semua selesai dibebaskan, badan usaha milik negara ini akan segera membangun dan mengadakan uji coba mengalirkan listrik.

"Pembebasan lahan merupakan salah satu hal yang membutuhkan waktu lama dan cukup sulit," ujarnya, Rabu (18/12/2013).

Pemerintah telah berencana membentuk tim yang membantu PLN untuk membebaskan lahan sejak November lalu. Di dalam tim ini nanti beranggotakan dari lintas kementerian yaitu Kementerian ESDM, Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Kehutanan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Pemerintah menargetkan aturan kompensasi pembebasan lahan untuk fasilitas kelistrikan terutama transmisi terbit sebelum 31 Desember 2013. Dalam Permen baru itu akan menaikkan ganti rugi lahan yang semula 10% menjadi 15% serta mengganti pohon yang tadinya akan diganti bila setinggi 3 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inda Marlina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper