Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda, Lion, Citilink Minta Tambahan Rute di Bandara Sepinggan

Maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink diketahui mengajukan penambahan rute penerbangan dari dan ke Balikpapan mulai tahun depan.

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink diketahui mengajukan penambahan rute penerbangan dari dan ke Balikpapan mulai tahun depan. 

Menurut Doan Anugra, Food & Baverages Sales Section Head Angkasa Pura I, permintaan rute baru itu terkait dengan rencana kerja pengelola Bandara Sepinggan Balikpapan pada 2014.

"Beberapa maskapai mengajukan rute baru. Citilink mengajukan dua flight ke Surabaya, Lion tiga flight ke Yogyakarta dan Surabaya, Batik Air dua flight ke Jakarta, dan Garuda satu fliht ke Surabaya," katanya, Kamis (5/11/2013).

Lion Air, tambahnya, akan menambah satu penerbangan Balikpapan-Batam pada Desember 2013. Adapun untuk penerbangan internasional, tahun depan belum ada permintaan tambahan rute baru. "Load-nya masih minim," katanya.

Estimasi AP I atas jumlah pergerakan pesawat di Bandara Sepinggan tahun ini mencapai 78.341, termasuk general aviation seperti pesawat carter. 

Sementara itu, arus penumpang tahun ini diprediksi mencapai 7,8 juta atau naik 18,7% dibandingkan dengan realisasi pada 2012.

Bandara Sepinggan juga siap untuk beroperasi 24 jam, sesuai dengan wacana yang digulirkan Menteri BUMN Dahlan Iskan beberapa waktu lalu.

Doan mengklaim Bandara Sepinggan, di bawah PT AP I, sudah siap baik dari segi sumber daya manusia maupun peralatan. Selama ini, katanya, operasi bandara memang sudah 24 jam. 

Bandara di Kota Minyak itu bakal menggunakan terminal baru pada Februari 2014. Penggarapan proyek terminal dan fasilitas pendukungnya kini telah 88% dan diproyeksikan selesai awal tahun depan.

Taochid Purnomo Hadi, Pimpinan Proyek Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, mengatakan  terminal dengan konsep eco-building tersebut rencananya diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

"Melihat progres yang ada, kami optimistis bandara ini akan selesai pada 15 Januari mendatang. Operasional bandara kemungkinan bisa dimulai 15-20 Februari," kata Taochid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper