Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Publik Optimistis Perekonomian Membaik 6 Bulan Mendatang

Hasil survei konsumen Bank Indonesia mengindikasikan masyarakat optimistis kondisi perekonomian nasional membaik dalam 6 bulan mendatang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Hasil survei konsumen Bank Indonesia mengindikasikan masyarakat optimistis kondisi perekonomian nasional membaik dalam 6 bulan mendatang..

Faktor pendorongnya antara lain ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama menjelang hari raya Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

"Konsumen optimistis terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meningkat baik dari sisi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha," tulis hasil survei Bank Indonesia yang dipublikasikan situs bank sentral, Kamis (5/12/2013).

 

Hal itu tercermin dari meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 4,8 poin menjadi 114,3 pada November  yang berarti lebih tinggi dibandingkan peningkatan pada bulan sebelumnya sebesar 2,4 poin.

Namun, survei yang dilaksanakan pada November tersebut mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Mei 2014) kembali melambat pascapemilu legislatif 9  April 2014.

Untuk 3 bulan mendatang (Februari 2014) kenaikan harga barang akan sedikit meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Kenaikan harga ini diperkirakan dipengaruhi kenaikan konsumsi dalam rangka persiapan Pemilu.

"Peningkatan kenaikan harga tadi diperkirakan terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau," papar hasil survei BI.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper