Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WNI di Hong Kong Terserang Flu Burung, Kondisi Kritis

Pemerintah mengidentifikasi seorang warga negara Indonesia (WNI) terserang virus Avian Influenza H7N9 di Hong Kong dan dalam kondisi kritis.
/seskab
/seskab

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengidentifikasi seorang warga negara Indonesia (WNI) terserang virus Avian Influenza H7N9 di Hong Kong dan dalam kondisi kritis.

Dalam rilis yang diterima Bisnis hari ini, Rabu (4/12/2013), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong memastikan bahwa Tri Mawarti (36 tahun), WNI yang bekerja di negara tersebut, terkena serangan virus mematikan tersebut.

Tri masuk rumah sakit Tuen Mun Hong Kong pada 27 November, kemudian dipindahkan ke rumah sakit Queen Mary pada 30 November.

"Kasus ini adalah kasus avian influenza H7N9 pertama di Hong Kong yang menyerang manusia," ujar Secretary for Food and Health Hong Kong Ko Wing-man sebagaimana dikemukakan dalam rilis Kementerian Luar Negeri.

Pemerintah Hong Kong sendiri telah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran avian influenza H7N9 dari tingkat “alert” ke tingkat “serious”.

Pemerintah setempat juga mengambil beberapa kebijakan seperti menunda impor ayam dari tiga peternakan di Shenzhen, membatasi jam kunjungan ke rumah sakit, melacak keberadaan orang-orang yang diduga telah terinfeksi, serta memperketat aturan biosafety measures dan cleansing arrangement penjualan ayam hidup.

KJRI Hong Kong menyatakan akan terus memonitor perkembangan kasus yang menimpa Tri sekaligus mengupayakan segala bantuan yang dibutuhkan, termasuk upaya mendatangkan anggota keluarga korban ke Hong Kong.

Di sisi lain, KJRI Hong Kong juga akan melakukan diseminasi seluruh informasi tentang avian influenza kepada seluruh WNI di Hong Kong, termasuk upaya pencegahannya. Hal itu akan dilakukan KJRI Hong Kong bekerja sama dengan Food and Environmental Hygiene Department Hong Kong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper