Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Produk Kreatif Indonesia 2013 Bidik 85.000 Pengunjung

Pemerintah menargetkan gelaran Pekan Produk Kreatif Indonesia 2013 selama 27 November-1 Desember mampu menggaet 85.000 pengunjung.
Pameran Industri Kreatif/Antara
Pameran Industri Kreatif/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan gelaran Pekan Produk Kreatif Indonesia 2013 selama 27 November-1 Desember mampu menggaet 85.000 pengunjung.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Noviendi Makalam di Jakarta, Senin, menyatakan

"Target pengunjung untuk tahun ini meningkat dibandingkan dengan PPKI 2012 sebanyak 78.000 orang. Hal ini karena pesertanya juga lebih banyak, sehingga acara-acara yang digelar juga lebih variatif dan menarik," ujar Noviendi Makalam, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (25/11).

Dia menjelaskan PPKI 2013 rencananya dilangsungkan di Epiwalk Jakarta dan didukung 14 kementerian dan dua institusi terkait, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kegiatan PPKI yang sejak 2 tahun lalu mengambil tema besar Indonesia Creatif Power (ICP) untuk tahun ini mengusung tema Yang Kreatif, Yang Berdaya Saing akan diikuti 300 peserta pameran produk, 100 orang pembicara di aneka konvensi, serta 100 grup pertunjukan dengan sasaran pengunjung anak muda usia 15-25 tahun.

PPKI juga akan menampilkan hasil-hasil terbaik dari 15 subsektor industri kreatif yang terdiri dari arsitektur, desain, film, video dan fotografi, kerajinan, kuliner, musik, mode, penerbitan dan percetakan, periklanan, permainan interaktif, riset dan pengembangan, pasar barang seni, seni pertunjukan, teknologi informasi, serta televisi dan radio.

"Kegiatan ini akan melibatkan sekitar 1.000 orang kreatif," kata Noviendi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam keterangan tertulisnya menyatakan ajang PPKI diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap industri kreatif, menyadarkan masyarakat terhadap potensi industri kreatif, memperluas jejaring diantara sesama pelaku kreatif maupun pihak pendukung.

"Kami berharap melalui ajang ini akan muncul lebih banyak lagi orang kreatif dan wiramuda kreatif yang mampu bersaing dan mengangkat karya Indonesia di pasar global," katanya.

Salah satu peserta PPKI 2013 Gianti Giadi, wiramuda bidang seni pertunjukan, menyatakan akan mementaskan 12 pertunjukan selama berlangsungnya ajang tersebut.

"Untuk menularkan kreativitas pada anak-anak muda, kami akan mengajak mereka yang datang agar berkreasi dengan kami. Sedangkan untuk anak-anak muda di daerah-daerah bisa mengirimkan video mereka," kata seniman tari yang sudah menggelar pertunjukan ke sejumlah negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper