Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Normalisasi DAS Gajah Mungkur Rampung 2015

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo menargetkan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Gajah Mungkur rampung pada 2015.

Bisnis.com, JAKARTA – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo menargetkan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Gajah Mungkur rampung pada 2015.

Kepala BBWS Bengawan Solo Yudhi Pratondo mengatakan paket pekerjaan normalisasi tersebut yakni pembangunan spillway, check dam di hilir Kali Keduang, pengadaan unit kapal keruk, dan konservasi daerah tangkapan air.

Dia menjelaskan kegiatan yang ditujukan untuk mengatasi masalah sedimentasi itu dibagi ke dalam dua tahap. “Hingga saat ini progres pembangunan tahap pertama telah mencapai 92%. Untuk tahap ke dua akan dilakukan pembangun closure dike, overflow dike, check dam, konservasi, dan melakukan jasa konsultansi,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (10/11/2013).

Proyek yang telah dimulai sejak 2009 tersebut dibiayai melalui bantuan dana loan dari  Japan International Cooperation Agency (JICA), dibantu Konsultan Nippon Koei, Jepang bekerjasama dengan  kontraktor dan konsultan dalam negeri.

Selain tindakan struktural, balai juga mendorong kegiatan non-struktural berbasis pemberdayaan masyarakat di daerah tangkapan air, antara lain yakni reboisasi, terasering, dan menjaga kelestarian  sumber-sumber air.

“Melalui bangunan spillway baru diharapkan sedimentasi  di intake lama akan turun drastis, bahkan  terbebas dari ancaman sedimentasi yang selama ini mengganggu,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper