Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Malaysia Direnovasi, Litrak Gelontorkan Rp3,15 Triliun

Lingkar Trans Kota Sdn. Bhd (Litrak) merenovasi jalan tol yang diusahkannya di Malaysia dengan investasi RM90 juta atau setara Rp3,15 triliun.
Salah Satu Gardu Tol di Kuala Lumpur/Ismail Fahmi
Salah Satu Gardu Tol di Kuala Lumpur/Ismail Fahmi

Bisnis.com, KUALA LUMPUR-- Lingkar Trans Kota Sdn. Bhd  (Litrak) merenovasi jalan tol yang diusahakannya di Malaysia dengan investasi RM90 juta atau setara Rp3,15 triliun.

Chief Executive  Officer Litrak  Sazali Saidi mengungkapkan proyek renovasi  tol tersebut  antara lain  pengaspalan ulang, peninggihan jalan, perbaikan gardu, penambahan penerangan dan pemasangan rambu-rambu.

“Dana proyek renovasi jalan tol sebesar RM90 juta berasal dari  perusahaan,” ujarnya saat menerima tim wartawan studi banding jalan tol Malaysia-Indonesia, atas undangan PT Jasa Marga,  di Kuala Lumpur Sabtu (24/10/2013)  .

Pengelolaan jalan tol di Malaysia dilaksanakan oleh sepuluh operator. Dua operator di antaranya adalah  Litrak dan Sistem Penyaluran Trafik KL Barat Sdn. Bhd.

Sistem Penyaluran Trafik KL Barat Sdn. Bhd atau yang dikenal Sprint merupakan anak perusahaan dari Litrak.

Litrak mengoperasikan  jalan tol  Leburraya  Darmansa-Puchong (LDP) 0 sepanjang 40 km dengan masa konsesi 34 tahun (1996-2030). Adapun Sprint mengoperasikan 26,5 km jalan tol di Kuala Lumpur Barat dengan masa konsesi 36 tahun (1998-2034).  

Sazali membenarkan renovasi jalan tol di Malaysia dilakukan seiring  dengan meningkatnya arus kendaraan bermotordi jalan bebas hambatan.  Di Kuala Lumpur dan sekitarnya saja tahun ini kendaraan  yang melintasi  tol mencapai 497.000 unit  per hari atau naik 3,3% dibandingkan tahun lalu yang baru 481.000 unit per hari.

“Kami terus mengantisipasi kenaikan pengguna jalan tol dengan perbaikan pelayanan, termasuk renovasi jalan,”  tegasnya.

.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper