Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Pulang Kampung, Tebar Benih Udang Bumestik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menebar beih udang Busmetik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Presiden menebar benih udang/presidenri.co.id
Presiden menebar benih udang/presidenri.co.id

Bisnis.com, PACITAN -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan penebaran perdana benih udang di tambak percontohan Budi Daya Udang Skala Mini Empang Plastik (Busmetik) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Presiden dalam kunjungan selama tiga hari di kota kelahirannya itu.

Pada acara tersebut Presiden SBY didamping Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah pejabat a.l. Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh, Menpora Roy Suryo, dan Gubernur Jatim Soekarwo.

Dalam kesempatan tersebut SBY berharap agar budi daya udang ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pacitan. "Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan perbaikan dan rezeki bagi kita semua," ujar Presiden pada acara penebaran bibit udang Busmetik  hari ini, Rabu (16/10/2013).

Busmetik merupakan kerja sama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, Yayasan Damandiri, dan Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.

Busmetik yang berlokasi di Soge, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan ini dikerjakan oleh kelompok Posdaya Mulyosari dengan anggota 12 orang. Jenis udang yang dibudidayakan adalah Vaname.

Luas lahan yang dipakai 2.400 m2, dengan luas per kolam 600 m2 sebanyak empat kolam. Padat tebar 200 ekor per m2 dan  survival rate/kelangsungan hidup 90 persen. Periode penebaran 3 siklus pertahun.

Sekolah Tinggi Pertanian (STP) Jakarta bertindak sebagai pendamping teknis. TB Haeru Rahayu, Penanggung jawab STP Kampus Serang mengatakan pihaknya membantu Pemkab Pacitan menciptakan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. "Mengapa dipilih udang, karena komoditas ini harga jualnya bagus," ujarnya.

Busmetik merupakan inovasi teknologi  budidaya udang melalui suatu kajian ilmiah yang terukur. Latar belakang pengembangan Busmetik adalah udang merupakan komoditas unggulan Kementrian Kelautan dan Perikanan, dan rasio pembudidaya udang dengan kelompok pemodal menengah ke bawah masih tinggi, yaitu lebih dari 60%. Sementara itu, masih banyaknya ditemukan kegagalan pembudidaya udang yang menggunakan petak konvensional dengan luasan petakan lebih dari 3.000 m dan saat ini kualitas lingkungan budidaya semakin berkurang.

Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang efektif dan efisien untuk mengoptimalkan margin usaha melalui Busmetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : indyah
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper