Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Pemudik Via Gambir Meningkat

Penumpang kereta api (dokumentasi)Bisnis.com, JAKARTA - Arus penumpang kereta dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sampai dengan H-3 Lebaran masih menunjukkan tren yang meningkat.

Penumpang kereta api (dokumentasi)

Bisnis.com, JAKARTA - Arus penumpang kereta dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sampai dengan H-3 Lebaran masih menunjukkan tren yang meningkat.

Data Posko Humas Stasiun Gambir menunjukkan sampai dengan pukul 11.45, volume penumpang pada H-3 sudah mencapai 6.044 orang, atau meningkat 33,3% dibandingkan dengan jam yang sama pada hari sebelumnya (H-4).  

Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo memperkirakan arus penumpang kereta di Stasiun Gambir masih akan meningkat mendekati Hari Raya Lebaran (H-0), meskipun ada kegiatan mudik gratis.

"Tidak ada [pengaruhnya ke arus penumpang]. Buktinya, jumlah penumpang akan terus naik," ujarnya di Stasiun Gambir, Senin (5/8/2013).

Secara kumulatif, volume penumpang di Stasiun Gambir terus mengalami peningkatan, setidaknya sejak Jumat (2/8/2013) atau H-6 Lebaran.

Pada H-6 lebaran, total penumpang di Stasiun Gambir mencapai 12.037 penumpang. Jumlah ini terus meningkat sampai H-4 Lebaran menjadi 12.772 orang dengan rata-rata kenaikan volume penumpang sekitar 3% per hari.

Jika dibandingkan dengan kondisi tahun lalu, volume penumpang kereta di daerah operasi (daop) I Jakarta memang terus meningkat mendekati Hari Lebaran, dengan puncaknya pada H-1 Lebaran sebanyak 28.449 orang. Setelah H-1, volume penumpang kereta baru mulai menunjukkan kecenderungan yang menurun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper