Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Akan Tiru Sistem Inaportnet Tanjung Priok

Bisnis.com, MAKASSAR— PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dan instansi terkait lain di Pelabuhan Makassar bersiap menguji coba sistem Inaportnet yang akan dilakukan pada September setelah sebelumnya diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok. Dalam

Bisnis.com, MAKASSAR— PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dan instansi terkait lain di Pelabuhan Makassar bersiap menguji coba sistem Inaportnet yang akan dilakukan pada September setelah sebelumnya diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam petemuan dengan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Makassar, Dirut Pelindo IV Harry Susanto menyatakan kesiapan pihaknya untuk menerapkan sistem yang meruapakan bagian dari Indonesia National Single Window (INSW) guna melancarkan arus barang.

“Selama ini memang ada pihak-pihak yang memanfaatkan ketidakakuratan data dalam sistem yang sekarang,” kata Harry, Rabu (31/7). Sejalan dengan penerapan sistem Inaportnet, katanya, diharapkan akan terjadi transparansi dan efisiensi waktu.

Menurutnya, Pelindo IV jauh lebih mudah dalam implementasi karena tinggal copy-paste atau meniru apa yang telah dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Inaportnet merupakan prosedur pelayanan kapal dan barang antar pulau (domestik) dengan pelayanan tunggal elektronik dengan melibatkan instansi terkait. Sistem ini akan diterapkan pada empat pelabuhan utama di Indonesia per September 2013.

“Akhir tahun ini diharapkan sudah masuk trial. Jadi 4 pelabuhan utama yakni Jakarta, Belawan, Tanjung Perak [Surabaya], dan Makassar harus mulai,” kata Bambang Susantono.

Bambang menyatakan sistem tersebut diharapkan dapat mengurangi waktu yang tidak perlu terutama bagi kapal-pakal domestik. Apabila semua shipping line sudah masuk ke dalam single window system, katanya, maka semua pihak terkait akan tahu kapan kapal berlabuh, kapan tidak, dan kapan berangkat.

Bambang mengatakan sebelumnya sistem Inaportnet tersebut hanya diperuntukkan bagi prosedur pelayanan kapal dan barang rute internasional atau ekspor impor. Pada tahap awal sistem ini sudah di uji coba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sesuai Peraturan Presiden No 10/2008 disebutkan bahwa INSW adalah sistem terintegrasi yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal, dan pembuatan keputusan secara tunggal untuk pemberian izin kepabeanan dan pengeluaran barang.

Inaportnet merupakan bagian dari INSW, berupa sistem layanan tunggal yang mengintegrasikan layanan kebutuhan administrasi perkapalan di seluruh instansi terkait di pelabuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper