Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Mudik Merak-Bekauheni Dijamin Lancar, Ini Alasan Kemenhub

Bisnis.com, BAKAUHENI--Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Ali Moeso menjamin arus mudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Merak, Banten, dan sebaliknya akan berjalan lancar, meskipun Dermaga V Merak yang
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Juli 2013  |  00:16 WIB
Arus Mudik Merak-Bekauheni Dijamin Lancar, Ini Alasan Kemenhub
Bagikan

Bisnis.com, BAKAUHENI--Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Ali Moeso menjamin arus mudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Merak, Banten, dan sebaliknya akan berjalan lancar, meskipun Dermaga V Merak yang ambruk masih diperbaiki.

"Dari pengecekan, dermaga itu akan dapat kembali digunakan dalam 3 hari ke depan," katanya di Bakauheni, seusai memimpin gelar pasukan pengamanan mudik 2013, Senin (29/7/2013).

Dia menjelaskan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) sudah melakukan perbaikan movable bridge (MB) Dermaga V Pelabuhan Merak yang ambruk itu dan kerusakannya dinilai tidak terlalu parah. "Paling lama Kamis nanti, Dermaga V Merak sudah dapat kembali beroperasi," ujarnya.

Soeroyo menegaskan mulai 4 hari sebelum (H-4) Lebaran, truk besar nonsembako tidak diperbolehkan lagi beroperasi sehingga pelayanan penyeberangan akan difokuskan pada kendaraan pribadi, bus, sepeda motor, dan juga penumpang pejalan kaki.

Dia memprediksi, jumlah penumpang angkutan Lebaran 2013 akan naik 7%-10% dibandingkan dengan realisasi pada tahun lalu.
Menurutnya, sedikitnya sekitar 40 juta orang akan melakukan mudik pada tahun ini.

Pemudik yang menggunakan angkutan darat, udara, laut, dan kereta api pada tahun ini diperkirakan lebih dari 18 juta orang, sedangkan yang menggunakan mobil pribadi diperkirakan naik 1,8 juta orang sehingga diperkirakan mencapai 7,2 juta pemudik.

Adapun, pemudik sepeda motor diperkirakan bertambah 3,1 juta orang, dengan perhitungan satu sepeda motor digunakan 2 orang sehingga akan ada 6,2 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Soeroyo berharap pemerintah daerah siap memberikan dukungan keamanan di jalur mudik Lebaran serta kesiapan infrastruktur dan sarana pendukung untuk melayani para pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenhub bakauheni asdp mudik lebaran pelabuhan merak dermaga v merak

Sumber : Antara

Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top