Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik Merak-Bekauheni Dijamin Lancar, Ini Alasan Kemenhub

Bisnis.com, BAKAUHENI--Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Ali Moeso menjamin arus mudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Merak, Banten, dan sebaliknya akan berjalan lancar, meskipun Dermaga V Merak yang

Bisnis.com, BAKAUHENI--Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Ali Moeso menjamin arus mudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Merak, Banten, dan sebaliknya akan berjalan lancar, meskipun Dermaga V Merak yang ambruk masih diperbaiki.

"Dari pengecekan, dermaga itu akan dapat kembali digunakan dalam 3 hari ke depan," katanya di Bakauheni, seusai memimpin gelar pasukan pengamanan mudik 2013, Senin (29/7/2013).

Dia menjelaskan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) sudah melakukan perbaikan movable bridge (MB) Dermaga V Pelabuhan Merak yang ambruk itu dan kerusakannya dinilai tidak terlalu parah. "Paling lama Kamis nanti, Dermaga V Merak sudah dapat kembali beroperasi," ujarnya.

Soeroyo menegaskan mulai 4 hari sebelum (H-4) Lebaran, truk besar nonsembako tidak diperbolehkan lagi beroperasi sehingga pelayanan penyeberangan akan difokuskan pada kendaraan pribadi, bus, sepeda motor, dan juga penumpang pejalan kaki.

Dia memprediksi, jumlah penumpang angkutan Lebaran 2013 akan naik 7%-10% dibandingkan dengan realisasi pada tahun lalu.
Menurutnya, sedikitnya sekitar 40 juta orang akan melakukan mudik pada tahun ini.

Pemudik yang menggunakan angkutan darat, udara, laut, dan kereta api pada tahun ini diperkirakan lebih dari 18 juta orang, sedangkan yang menggunakan mobil pribadi diperkirakan naik 1,8 juta orang sehingga diperkirakan mencapai 7,2 juta pemudik.

Adapun, pemudik sepeda motor diperkirakan bertambah 3,1 juta orang, dengan perhitungan satu sepeda motor digunakan 2 orang sehingga akan ada 6,2 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Soeroyo berharap pemerintah daerah siap memberikan dukungan keamanan di jalur mudik Lebaran serta kesiapan infrastruktur dan sarana pendukung untuk melayani para pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper