Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2013, Penumpang Angkutan Udara 3,7 Orang

Bisnis.com, JAKARTA - Pemudik yang menggunakan moda transportasi udara pada musim mudik Lebaran tahun ini diestimasi mencapai 3,7 juta penumpang, meningkat 11,7% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 3,3 juta. Djoko Murjatmodjo, Direktur Angkutan Udara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemudik yang menggunakan moda transportasi udara pada musim mudik Lebaran tahun ini diestimasi mencapai 3,7 juta penumpang, meningkat 11,7% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 3,3 juta.

Djoko Murjatmodjo, Direktur Angkutan Udara Dirjen Hubud Kementerian Perhubungan, mengemukakan kendati secara tahunan arus penumpang Lebaran meningkat.  Namun, tren pertumbuhan pemudik yang menggunakan moda transportasi udara cenderung melambat pada tahun ini.

"Berdasarkan past performance, ada kecenderungan perlambatan setiap tahunnya dan diperkirakan tahun ini hanya tumbuh 11,7%. Di mana pada arus mudik 2012 penumpang pesawat tumbuh 12,6%, sementara  2011 lalu, pemudik pesawat udara tumbuh hingga 16,2%," paparnya, Senin (29/7/2013).

Dia menambahkan, penumpang angkutan udara untuk rute penerbangan dalam negeri periode Lebaran 2013 diperkirakan mencapai 3,2 juta orang, sementara untuk rute penerbangan internasional sebanyak 561.861 penumpang.

Seiring dengan estimasi peningkatan jumlah pemudik Lebaran 2013 yang menggunakan angkutan udara tersebut, lanjut Djoko, jumlah pesawat ikut menanjak menjadi 420 unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya 376 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper