Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran, Kereta Api Siap Angkut Sepeda Motor

Bisnis.com, BANDUNG - PT Kereta Api (PTKA) akan mengoperasikan KA Komunita khusus angkutan sepeda motor pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2013.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 16 Juli 2013  |  18:44 WIB
Mudik Lebaran, Kereta Api Siap Angkut Sepeda Motor
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - PT Kereta Api (PTKA) akan mengoperasikan KA Komunita khusus angkutan sepeda motor pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2013.

"Rencananya akan dioperasikan KA angkutan khusus sepeda motor, 2 dari Jakarta ke Surabaya dan ke Yogyakarta. Namun masih dibahas dengan Kementerian Perhubungan," kata Vice President PubliC Relation PTKA Sugeng Priyono di Bandung, Selasa (16/7/2013).

Dia menyebutkan KA angkutan motor yang akan beroperasi pada layanan arus Lebaran hingga H+5 Lebaran itu ada dua rangkaian. Masing-masing rangkaian bisa mengangkut 500-600 sepeda motor.

Namun, belum diketahui bagaimana teknis dari pengiriman sepeda motor menggunakan KA khusus tersebut. Selain itu juga tengah dibahas tarif yang layak untuk pengiriman sepeda motor menggunakan KA tersebut.

"Angkutan itu dihadapkan bisa menfasilitasi bagi pemudik yang ingin mudik Lebaran sambil membawa kendaraan sepeda motornya ke kampung halamannya," kata Sugeng Priyono.

Pengoperasian KA angkutan khusus sepeda motor itu sudah diwacanakan pada musim Lebaran tahun-tahun sebelumnya, namun kemungkinan besar baru bisa direalisasikan pada tahun ini.

Sugeng menyebutkan setiap rangkaian KA khusus angkutan sepeda motor itu masing-masing terdiri dari enam kereta barang, setiap kereta bisa menampung 100 sepeda motor.

Sementara itu masa angkutan Lebaran 2013 oleh PTKA akan dilakukan selama 18 hari mulai H-7 atau 1 Agustus hingga H2+9 atau 18 Agustus 2013. Puncak arus mudik melalui KA diprediksi terjadi pada H1-2 atau 1 Agustus 2013 dan arus balik pada H2+2 atau Minggu 11 Agustus 2013.

Untuk wilayah Jawa, PTKA menyiapkan 265 KA reguler, 22 KA komersial tambahan dan 18 KA tambahan ekonomi. Selain itu PTKA juga akan mengoperasikan KA Krakatau Ekspres Merak - Madiun mulai 24 Juli 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

motor sepeda motor kereta api lebaran mudik

Sumber : Newswire

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top