Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 Rampung H-14

Bisnis.com, JAKARTA—Jasa Marga memastikan KM 47 jalan tol Jakarta-Cikampek selesai diperbaiki pada pada H-14 Lebaran 2013 guna mendukung arus mudik.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 10 Juli 2013  |  21:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Jasa Marga memastikan KM 47 jalan tol Jakarta-Cikampek selesai diperbaiki pada pada H-14 Lebaran 2013 guna mendukung arus mudik.

Corporate Secretary Jasa Marga David Wijayanto mengungkapkan saat ini pihaknya tengah  melakukan perbaikan pada badan jalan yang mengalami amblas/longsor pada akhir Mei yang lalu.

Dia menjelaskan pada KM 47 ruas tol yang mulai dioperasikan oleh Jasa Marga semenjak tahun 1988 dan memiliki total panjang 83 km tersebut terjadi penurunan tanah, sehingga Jasa Marga telah melakukan penyeledikan tanah terlebih dahulu.

“Kami tidak mungkin langsung melakukan perbaikan. Kan kalau langsung ditimbun akan amblas lagi. Kesannya lama, karena kami harus melalui tahapan penyeleidikan tanah,” katanya, Rabu (10/7/2013).

Dalam proses penyelidikan yang memakan waktu dua minggu, lanjutnya, para konsultan sudah mengetahui kondisi tanah yang rusak dan telah mendesain konstruksi yang dibutuhkan untuk perbaikan.

“Dari konsultan, akhirnya kita mendapat solusi paket tiang pancang, yang waktu perbaikannya akan lebih cepat, tidak sampai satu bulan,” ungkapnya.

Saat ini, David mengatakan pihaknya sudah memulai proses perbaikan konstruksi pada titik kerusakan yang telah menyebabkan kemacetan tersebut. Dia menuturkan Jasa Marga menargetkan perbaikan akan rampung pada 25 Juli 2013 atau sekitar dua minggu sebelum Lebaran.

“Seminggu lalu mulai pemancangan. Lalu lintas terganggu karena satu lajur ditutup,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan, tol jakarta-cikampek

Editor : Sepudin Zuhri
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top