Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HARGA PANGAN: Pedagang Cari Keuntungan Besar

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Pertanian Suswono menjelaskan kenaikan harga bahan pangan Ramadhan tahun ini diperkirakan disebabkan oleh dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, tingginya permintaan dan ekspektasi pedagang mencari keuntungan
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 04 Juli 2013  |  18:16 WIB
HARGA PANGAN: Pedagang Cari Keuntungan Besar
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Pertanian Suswono menjelaskan kenaikan harga bahan pangan Ramadhan tahun ini diperkirakan disebabkan oleh dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, tingginya permintaan dan ekspektasi pedagang mencari keuntungan besar.

"Kenaikan harga itu salah satunya disebabkan dampak kenaikan harga BBM karena biaya transportasi meningkat, meskipun pengaruhnya sedikit. Selain itu juga karena efek psikologis permintaan yang meningkat serta ekspektasi pedagang untuk dapat keuntungan lebih," ujar Suswono dalam konferensi pers ketahanan pangan bulan Ramadhan di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, menurut Suswono, pemerintah akan mengintensifkan pemantauan pasokan dan harga pangan untuk merumuskan antisipasi masalah pasokan distribusi dan harga pangan.

Selain itu dengan meningkatkan kelancaran distribusi bahan pangan dari daerah sentra produksi ke daerah konsumen.

"Karena faktanya meskipun di konsumen itu tinggi, di petani sebenarnya harga rendah. Jangan sampai konsumen diberatkan padahal harga di petani masih rendah," kata Suswono.

Pemerintah juga akan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kepastian penyediaan pasokan, untuk mencegah terjadinya kepanikan, serta meningkatkan keamanan pangan untuk mencegah beredarnya bahan pangan yang tidak mematuhi kaidah keamanan seperti makanan kedaluwarsa, mengandung formalin dan bahan berbahaya lain.

"Pemerintah juga akan memfasilitasi melalui BUMN dan Pemerintah Daerah dengan menggelar pasar murah serta operasi pasar. Bahkan di DKI Jakarta sendiri akan ada subsidi bagi harga daging," ujar dia.

Di sisi lain dia juga mengimbau kepada asosiasi dan pengusaha untuk tidak memanfaatkan kesempatan Ramadhan dengan meningkatkan harga bahan pangan secara tidak wajar. "Bagi pelaku usaha tidak terpuji tentu akan ada sanksi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentan kementerian pertanian harga pangan
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top