Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA CABAI RAWIT: Kini Sudah Rp45.000 Per Kg

BISNIS.COM, JAKARTA-- Harga cabai rawit merah di Bojonegoro, Jatim, Senin, Rp45 ribu/kilogram disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah penghasil, padahal empat hari lalu hanya Rp20 ribu/kilogram. "Pedagang cabai kesulitan memperoleh cabai rawit merah,
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 24 Juni 2013  |  22:17 WIB
HARGA CABAI RAWIT: Kini Sudah Rp45.000 Per Kg

BISNIS.COM, JAKARTA-- Harga cabai rawit merah di Bojonegoro, Jatim, Senin, Rp45 ribu/kilogram disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah penghasil, padahal empat hari lalu hanya Rp20 ribu/kilogram.

"Pedagang cabai kesulitan memperoleh cabai rawit merah, sebab di kebun petani banyak yang rusak diserang hama penyakit 'patek'," kata pedagang cabai di Pasar Besar Bojonegoro Warsini.

Dia  menjelaskan pasokan cabai rawit merah biasanya dari Pare Kediri juga produk lokal Bojonegoro dan Tuban yang dibawa pedagang dua kuintal per hari.

Namun, katanya, serangan "patek" mengakibatkan cabai petani di Pare Kediri, juga lokal Bojonegoro dan Tuban, banyak yang rusak.

"Pasokan cabai rawit merah tetap ada dari Madura dengan jumlah terbatas hanya berkisar 30-50 kilogram/hari. Pasokan masih harus dibagi dengan pedagang cabai lain," jelasnya.

Seorang pedagang pracangan di pasar setempat Nyonya Bambang mengaku hari Senin tidak memperoleh jatah cabai rawit merah karena pasokan dari Madura jumlahnya terbatas.

Sementara itu, seorang pedagang cabai lainnya di pasar setempat Nyonya Tulus Widodo mengaku hanya memiliki stok cabai rawit merah tidak lebih 10 kilogram, yang biasanya stoknya bisa mencapai 50 kilogram/hari.

"Tapi pedagang lebih senang kalau cabai rawit merah stoknya sedikit, sebab bisa cepat habis, sehingga tidak ada risiko rusak," jelas Warsini.

Menurut Warsini, terhentinya pasokan cabai rawit merah dari Pare Kedir menyebabkan harga cabai rawit merah naik sekitar Rp5.000/kilogram setiap hari.

Selain itu, lanjutnya, naiknya harga cabai rawit merah juga diikuti naiknya harga cabai rawit kuning menjadi Rp28.000/kilogram yang semula Rp18.000/kilogram.

Namun , katanya, harga cabai lompong merah produksi Magetan dan Malang tetap stabil Rp30.000/kilogram dan cabai lompong hijau Rp17.000/kilogram dan cabai tampar Rp30.000/kilogram. "Pasokan cabai lompong merah dan hijau termasuk cabai tampar dari daerah penghasil melimpah," ucapnya. (Antara/msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertanian BBM harga bahan pangan cabai rawit
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top