Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA CABAI RAWIT: Kini Sudah Rp45.000 Per Kg

BISNIS.COM, JAKARTA-- Harga cabai rawit merah di Bojonegoro, Jatim, Senin, Rp45 ribu/kilogram disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah penghasil, padahal empat hari lalu hanya Rp20 ribu/kilogram. "Pedagang cabai kesulitan memperoleh cabai rawit merah,

BISNIS.COM, JAKARTA-- Harga cabai rawit merah di Bojonegoro, Jatim, Senin, Rp45 ribu/kilogram disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah penghasil, padahal empat hari lalu hanya Rp20 ribu/kilogram.

"Pedagang cabai kesulitan memperoleh cabai rawit merah, sebab di kebun petani banyak yang rusak diserang hama penyakit 'patek'," kata pedagang cabai di Pasar Besar Bojonegoro Warsini.

Dia  menjelaskan pasokan cabai rawit merah biasanya dari Pare Kediri juga produk lokal Bojonegoro dan Tuban yang dibawa pedagang dua kuintal per hari.

Namun, katanya, serangan "patek" mengakibatkan cabai petani di Pare Kediri, juga lokal Bojonegoro dan Tuban, banyak yang rusak.

"Pasokan cabai rawit merah tetap ada dari Madura dengan jumlah terbatas hanya berkisar 30-50 kilogram/hari. Pasokan masih harus dibagi dengan pedagang cabai lain," jelasnya.

Seorang pedagang pracangan di pasar setempat Nyonya Bambang mengaku hari Senin tidak memperoleh jatah cabai rawit merah karena pasokan dari Madura jumlahnya terbatas.

Sementara itu, seorang pedagang cabai lainnya di pasar setempat Nyonya Tulus Widodo mengaku hanya memiliki stok cabai rawit merah tidak lebih 10 kilogram, yang biasanya stoknya bisa mencapai 50 kilogram/hari.

"Tapi pedagang lebih senang kalau cabai rawit merah stoknya sedikit, sebab bisa cepat habis, sehingga tidak ada risiko rusak," jelas Warsini.

Menurut Warsini, terhentinya pasokan cabai rawit merah dari Pare Kedir menyebabkan harga cabai rawit merah naik sekitar Rp5.000/kilogram setiap hari.

Selain itu, lanjutnya, naiknya harga cabai rawit merah juga diikuti naiknya harga cabai rawit kuning menjadi Rp28.000/kilogram yang semula Rp18.000/kilogram.

Namun , katanya, harga cabai lompong merah produksi Magetan dan Malang tetap stabil Rp30.000/kilogram dan cabai lompong hijau Rp17.000/kilogram dan cabai tampar Rp30.000/kilogram. "Pasokan cabai lompong merah dan hijau termasuk cabai tampar dari daerah penghasil melimpah," ucapnya. (Antara/msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper