Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM MALAYSIA Tetapkan Johor Berstatus Darurat Asap

BISNIS.COM, KUALA LUMPUR--Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menetapkan status darurat kabut asap di Muar dan Ledang, Johor hingga kawasan tersebut bebas dari asap.Penetapan status darurat itu menyusul makin memburuknya polusi udara

BISNIS.COM, KUALA LUMPUR--Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menetapkan status darurat kabut asap di Muar dan Ledang, Johor hingga kawasan tersebut bebas dari asap.

Penetapan status darurat itu menyusul makin memburuknya polusi udara akibat asap, terutama di dua wilayah tersebut yang telah melampaui Indeks Pencemaran Udara (IPU) di atas level 500

"Status darurat kabut asap ini tidak sampai pada pemberlakuan jam malam dan juga tidak ada perubahan pelayanan di tingkat negara bagian maupun pemerintah federal," katanya seperti dikutip Bernama, Minggu (23/6)

Catatan IPU pada 0-50 termasuk kategori baik, 51-100 sedang, 101-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 300 keatas masuk kategori berbahaya.

Menurut pemantauan Departemen Lingkungan Hidup (DoE), angka IPU di Muar hingga pukul 7 pagi mencapai 746, namun kembali turun menjadi 690 pada pukul 11.00, meski tetap pada kategori berbahaya.

Najib mengatakan semua kementerian dan institusi pemerintah yang terlibat dalam penanganan bencana kabut asap harus mengambil tindakan yang perlu untuk menjamin keamanan dan kesehatan masyarakat.

Petunjuk-petunjuk untuk melaksanakan aksi penanganan kabut asap sudah tersedia dan semua institusi terkait harus melaksanakan tugasnya sesuai wewenang, katanya.

Sementara itu, semua sekolah di Kuala Lumpur dan Selangor akan diliburkan pada Senin (24/6) akibat situasi yang makin memburuk di kedua kawasan tersebut.

Menteri Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup Datuk Seri G Palanivel mengatakan Menteri Pendidikan kedua Datuk Seri Idris Jusoh akan mengambil langkah yang diperlukan untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Palanivel mengatakan kabut asap hingga Minggu pukul 17.00 semakin memburuk dan semua sekolah sudah diperintahkan untuk ditutup karena alasan kesehatan. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper