Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEDULI LINGKUNGAN: Indeks Prilaku Masyarakat Masih Rendah

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Lingkungan Hidup menyatakan hasil studi  2012 menempatkan Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) masyarakat masih berkisar pada angka 0,57 dari angka mutlak satu."Indeks ini mengindikasikan bahwa masyarakat kita

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Lingkungan Hidup menyatakan hasil studi  2012 menempatkan Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) masyarakat masih berkisar pada angka 0,57 dari angka mutlak satu.

"Indeks ini mengindikasikan bahwa masyarakat kita belum berperilaku peduli lingkungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," kata Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya di Jakarta, Senin (10/6)

Hal itu disampaikan Balthasar pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dimeriahkan pameran produk ramah lingkungan di gedung Kementerian Lingkungan Hidup.

Perilaku konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya, 49,3 persen berupa bahan makanan yang berasal dari luar daerahnya.

Kondisi ini tentunya akan memberikan dampak bagi lingkungan seperti meningkatnya emisi karbon kegiatan pengangkutan bahan makanan tersebut dari daerah asal ketempat tujuan.

Dari enam indikator perilaku yaitu konsumsi energi, membuang sampah, pemanfaatan air bersih, pemanfaatan bahan bakar, penyumbang emisi karbon dan perilaku hidup sehat, nilai terburuk adalah perilaku pemanfaatan bahan bakar yaitu level 0.28.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2013, Indonesia mengusung tema "Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan". (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper