Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chatib Basri Siapkan Jurus Mempercepat Penyerapan Belanja K/L

BISNIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Chatib Basri punya jurus sederhana untuk mempercepat penyerapan anggaran belanja pemerintah yang selama ini lamban pada awal tahun. Menurutnya, kementerian dan lembaga hanya perlu berkomunikasi dengan Kementerian

BISNIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Chatib Basri punya jurus sederhana untuk mempercepat penyerapan anggaran belanja pemerintah yang selama ini lamban pada awal tahun.

Menurutnya, kementerian dan lembaga hanya perlu berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan agar anggaran mereka tidak diblokir karena kurang memenuhi syarat tertib administrasi.

Selama ini, pemblokiran – perbintangan dalam istilah Hatta Rajasa – anggaran dianggap sebagai penyebab utama belum optimalnya belanja pemerintah.

Data Kemenkeu menyebutkan realisasi belanja modal pada kuartal I/2013 hanya 5,6% dari pagu sebesar Rp184,4 triliun.

Realisasi yang lebih baik, tetapi klasik, hanya ada pada belanja pegawai yang pada 3 bulan pertama mencapai 21,1% dari pagu Rp241,6 triliun.

“Saya percaya bisa selesai kalau kementerian terkait bisa berkomunikasi baik dengan Kementerian Keuangan. Kalau kita bisa duduk bersama, (bicara) kekurangannya di mana, saya kira bisa diatasi,” ujarnya seusai serah terima jabatan dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menkeu Hatta Rajasa, Selasa (21/5/2013).

Sebagaimana diketahui, saat Menkeu dijabat oleh Agus D.W. Martowardojo, anggaran sejumlah kementerian/lembaga (K/L) diblokir, karena tidak memenuhi persyaratan, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama serta Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper