Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMANFAATAN INFRASTRUKTUR: Peran masyarakat dibutuhkan

BISNIS.COM, JAKARTA--Peran masyarakat dalam pembangunan infrastruktur dan pemanfaatanya mutlak diperlukan, mengingat pembangunannya menggunakan anggaran negara yang perlu dipertanggungjawabkan. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PU Djoko Kirmanto

BISNIS.COM, JAKARTA--Peran masyarakat dalam pembangunan infrastruktur dan pemanfaatanya mutlak diperlukan, mengingat pembangunannya menggunakan anggaran negara yang perlu dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PU Djoko Kirmanto dalam pertemuan paguyuban Jawa Tengh Se-Jabotabek. Dia menghimbau agar para anggota dan masyarakat dapat menjaga infrastruktur yang telah dibangun.

Selain itu, lanjutnya, pengelolaan tata ruang juga penting, demi keberlanjutan kehidupan anak cucu ke depan.

"Ruang kita terbatas. Penduduk terus bertambah sehingga pemanfaatan ruang sebaiknya dilakukan dengan baik," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (5/5).

Oleh karena itu, ujar Djoko, rencana tata ruang nasional, provinsi dan kabupaten/kota agar segera disusun dan dibakukan dalam Perda sehingga pemanfaatan kawasan lindung dan kawasan budidaya dapat dikembangkan dan dilaksanakan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Pemprov Jateng di Jakarta Kusdarminto menyampaikan perekonomian di Jawa Tengah meningkat.

Adapun indikatornya antara lain peningkatan pertumbuhan ekonomi pada 2008 sebesar 3,9% dan pada 2012 mencapai 6,8%. Jumlah tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 6,23%.

Selain itu, ketahanan pangan Jateng semakin kuat di Indonesia yang saat ini mencapai 2,98 juta ton. Peningkatan tersebut tentu saja menurunkan jumlah kemiskinan dan pengangguran di wilayah Jateng. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper