Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INVESTASI PABRIK: Perusahaan China Siap Bangun Pabrik Baja di Medan

BISNIS.COM, JAKARTA--Fosun International Limited, perusahaan manufaktur asal China, menggandeng PT Gunung Gahapi Sakti, anak usaha PT Gunung Garuda untuk membangun pabrik baja sistem tanur tinggi (blast furnace) di Medan, Sumatera Utara dengan kapasitas

BISNIS.COM, JAKARTA--Fosun International Limited, perusahaan manufaktur asal China, menggandeng PT Gunung Gahapi Sakti, anak usaha PT Gunung Garuda untuk membangun pabrik baja sistem tanur tinggi (blast furnace) di Medan, Sumatera Utara dengan kapasitas satu juta ton.

Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan pembangunan pabrik yang terdiri dari dua tahap dengan masing-masing kapasitas 500.000 ton tersebut menelan investasi sebesar US$200 juta.

“Setiap tahap US$100 juta, ini dalam dua tahap,” kata Panggah di Kantor Kementerian Perindustrian, Jumat (3/5/2013).

Nantinya, perusahaan tersebut akan menggunakan bahan baku berupa iron ore pellet (bijih besi) untuk menghasilkan produk slab (baja setengah jadi) dan billet. Bahan baku tersebut akan diperoleh dari domestik, yakni dari Sumatera Barat dan Aceh.

“Produknya bisa digunakan untuk industri kapal, dan otomotif,” tambahnya. Saat ini, Fosun sedang dalam tahap negosiasi dengan Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Rencananya, proses pembangunan akan dimulai tahun ini. Pasalnya, pembangunan ini terkait dengan aturan hilirisasi mineral dan logam sesuai dengan UU No.4/2009 mengenai Mineral dan Batu Bara.

“Yang secara kebetulan juga sudah ada dasar hukumnya, Kementerian Perindustrian sedang menyusun roadmapnya, jadi ini masuk dalam roadmap Kementerian Perindustrian.”

Menurutnya, Fosun memilih Gunung Gahapi sebagai partner bisnis lantaran Gunung Gahapi memiliki pasar baja di Indonesia yang cukup tinggi. Selain itu, saat ini di China masih ada pembatasan kapasitas produksi baja. “Dengan masuknya sejumlah pabrik baja, maka hal tersebut bisa mengurangi impor bahan baku,”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper