Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAHAN INDUSTRI: Harga Tanah Cenderung Stabil

BISNIS.COM, JAKARTA - Konsultan properti Cushman & Wakefield menyatakan harga tanah industri di Jakarta dan sekitarnya relatif stabil dalam kuartal pertama 2013.Associate Director Research and Advisory Cushman & Wakefield, Wira Agus mengatakan
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 16 April 2013  |  17:54 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Konsultan properti Cushman & Wakefield menyatakan harga tanah industri di Jakarta dan sekitarnya relatif stabil dalam kuartal pertama 2013.

Associate Director Research and Advisory Cushman & Wakefield, Wira Agus mengatakan perkiraan harga jual rerata tanah industri saat ini sekitar Rp1.684.000 /m2.

"Dari kuartal sebelumnya hanya naik 0,6%, tapi dari dampak penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, harga tanah hanya turun 1,1%," jelasnya kemarin, Selasa (16/4/2013) dalam Market Update Industri.

Cushman & Wakefield memperkirakan beberapa tahun ke depan ada pasokan lahan industri yang akan masuk pasar, yakni sekitar 700 hektar.

"Saat ini terdapat sekitar 51 hektar tambhan pasokan lahan industri di koridor Bekasi - Purwakarta sehingga secara kumulatif tanah industri Jakarta dan sekitarnya bertambah menjadi 9.413 hektar," jelasnya.

Dia menjelaskan, permintaan tanah industri pada kuartal-1 2013 ini menurun menjadi hanya 86 hektar dan merupakan rekor terendah sejak 2011.

"Besar permintaan ini turun 21% dibandingkan kuartal lalu," katanya.

Meski begitu keterbatasan pasokan baru pada kuartal ini menyebabkan pertumbuhan tingkat penyerapan lahan industri naik yakni dari 82,6% menjadi 82,2% pada kuartal sebelumnya.

Berkurangnya transaksi berukuran besar menyebabkan rerata permintaan per transaksi menurun menjadi hanya sekitar 2,8 hektar.

Permintaan utama dalam kuartal ini berasal dari pelaku industri asing dan nasional, dan tidak terdapat sektor industri khususnya yang mendominasi permintaan.

"Kebanyakan hanya industri otomotif dan makanan, tapi bukan utama melainkan industri supporting saja," jelasnya.

Namun begitu, kata Wira, pasar kawasan industri pada 2013 diperkirakan masih berada di level positif, dan pendorong pertumbuhan permintaan masih didominasi oleh pelaku asing. (C51)



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lahan industri

Sumber : Peni Widarti

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top