Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garap Lahan 3.300 Ha, PTPN IV Gelontorkan Rp168 Miliar

BISNIS.COM, MEDAN-PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV sudah menginvestasikan Rp168 miliar untuk mengembangkan lahan perkebunan seluas 3.300 hektare di Panai Jaya, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara."Lahan di Panai Jaya itu dulunya merupakan semak 

BISNIS.COM, MEDAN-PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV sudah menginvestasikan Rp168 miliar untuk mengembangkan lahan perkebunan seluas 3.300 hektare di Panai Jaya, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara.

"Lahan di Panai Jaya itu dulunya merupakan semak  belukar dan lahan gambut. Setelah digarap perseroan sejak 2005, lahan itu sudah produktif. Selain itu pengembangan lahan, dana itu juga untuk membangun perumahan karyawan dan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar," kata Kepala Urusan Humas PTPN IV Syahrul Amar Siregar.

Dia mengemukakan lahan 3.300 itu sudah ditanami kelapa sawit setelah mendapat izin dari Pemkab Labuhanbatu, Pemprov Sumut dan pemerintah pusat. Namun belakangan setelah hendak dikembangkan lagi, masyarakat dan Pemkab Rokan Hilir Riau protes dan menyetop kegiatan perseroan karena menilai lokasi perkebunan berada di wilayah Rokan Hilir.

"Ada sekitar 700 ha lahan lagi yang belum kami kelola karena tuntutan ganti rugi dari masyarakat dan Pemkab Rokan Hilir".

Menurutnya, Kementerian Kehutanan pernah bersedia memfasilitasi pertemuan untuk menyelesaikan masalah itu, namun sampai sekarang pertemuan dimaksud belum kunjung terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Master Sihotang
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper