Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SARANA KESEHATAN: Kemenkes Anggarkan Renovasi Puskesmas Rp1 Triliun

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian kesehatan akan mengalokasikan menganggarkan Rp1 triliun sepanjang 2013 untuk merenovasi Puskesmas yang mengalami kerusakan.Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan perbaikan Puskesmas  menjadi salah satu

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian kesehatan akan mengalokasikan menganggarkan Rp1 triliun sepanjang 2013 untuk merenovasi Puskesmas yang mengalami kerusakan.

Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan perbaikan Puskesmas  menjadi salah satu program instansinya tahun ini.  Oleh karena itu, anggaran Rp1 triliun  akan digunakan untuk memperbaiki yang mengalami rusak ringan sampai rusak berat.

"Saat ini Indonesia punya 9.520 unit Puskesmas dan jumlah tersebut sudah tercukupi namun beberapa daerah kondisi fisiknya sudah tidak layak," ujar Ghufron di Jakarta, Rabu (27/3).

Berdasarkan data 2011. sekitar  2.182 unit Puskesmas mengalami kerusakan ringan. Sedangkan rusak sedang ada 886 unit  Puskesmas dan rusak berat 163 unit.

Tahun ini pemerintah menargetkan 135 unit Puskesmas yang rusak  sedang diperbaiki. Adapun perbaikan   untuk rusak berat mencapai 134 unit melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

    Diharapkan pada 2014 seluruh puskesmas di Indonesia mempunyai kondisi fisik yang layak,  sehingga masyarakat bisa lebih nyaman saat berkunjung. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Mahmudi Restyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper