Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISNIS PROPERTI: Lahan Industri Mahal, Permintaan Masih Tinggi

BISNIS.COM, JAKARTA-- Permintaan akan lahan industri di Indonesia dinilai tetap akan tinggi meskipun harganya termasuk yang termahal di koridor Asia Tenggara.
Bunga Citra Arum Nursyifani
Bunga Citra Arum Nursyifani - Bisnis.com 26 Maret 2013  |  17:04 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-- Permintaan akan lahan industri di Indonesia dinilai tetap akan tinggi meskipun harganya termasuk yang termahal di koridor Asia Tenggara.

Meyriana Kesuma, Manajer Riset dan Konsultasi Coldwell Banker Indonesia, mengatakan harga lahan memang merupakan salah satu pertimbangan bagi investor.

Namun selama variabel lain seperti upah pekerja dan prospek pasar hasilnya masih cukup kondusif, tentu mereka tetap akan berinvestasi di Indonesia.

"Harga lahan industri memang salah satu referensi bagi investor, namun bukan satu-satunya. Kalau prospek investasi secara keseluruhan masih bagus, maka permintaan lahan industri juga masih akan tinggi," ujarnya, Selasa (26/3/2013).

Lagipula, kenaikan harga lahan industri di Indonesia,terutama Jakarta tentunya tidak akan terus naik sebab banyak pengembang sudah ancang-ancang menambah suplai baru untuk beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dilansir oleh Japan External Trade Organization (JETRO), harga jual lahan industri di Jakarta dan sekitarnya berkisar US$191 per m2 dan di Batam US$62-Us$78 per m2.

Adapun di Singapura rentang harga tiap m2 lahan indsutri mulai dari US$189,94 hingga US$651,21.

Di Kuala Lumpur, lahan industri dijual seharga kurang lebih US$20-US$25 per m2 dan di Bangkok, Thailand kisarannyaUS$119 tiap m2.  (ra)

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lahan industri permintaan harga lahan
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top