Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha Astra Agro Lestari Raih Sertifikat ISPO

BISNIS.COM,JAKARTA – Tiga anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) meraih sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oi (ISPO) atau sertifikat pedoman perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.Tiga anak perusahaan AAL tersebut yakni PT Sari Aditya

BISNIS.COM,JAKARTA – Tiga anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) meraih sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oi (ISPO) atau sertifikat pedoman perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

Tiga anak perusahaan AAL tersebut yakni PT Sari Aditya Loka yang berlokasi di Jambi, PT Gunung Sejahtera Dua Indah (Kalteng,) dan PT Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi (Kalteng).

Sertifikat tersebut diserahkan Menteri Pertanian Suswono kepada Direktur Environment Social and Responsibility PT Astra Agro Lestari Joko Supriyono di Kantor Kementerian Pertanian, Jumat (8/3).

"Seluruh perkebunan milik AAL saat ini sedang dalam proses menuju sertifikasi,” ujarnya dalam keterangan pers, Minggu (10/3).

ISPO merupakan sistem yang diberlakukan pemerintah Indonesia terhadap pengelolaan perkebunan untuk melaksanakan prinsip-prinsip keberlanjutan. Ditetapkan melalui peraturan Menteri Pertanian No 19/Permentan/OT.140/3/2011 tentang pedoman perkebunan kelapa sawit berkelanjutan Indonesia. Pelaksanaannya bersifat mandatori atau wajib.

 Aspek yang dinilai dalam proses sertifikasi ISPO meliputi legalitas perseroan, praktek budidaya dan pengolahan kelapa sawit, lingkungan, ketenagakerjaan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Penilaian dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi independen yang ditetapkan pemerintah.

Dalam pengelolaan perkebunannya PT AAL menerapkan standar manajemen lingkungan yang terintegrasi dalam astra green company serta mengimplentasikan program tanggung jawab sosial dengan fokus pada sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Joko menjelaskan keberhasilan  itu tidak terlepas dari kesungguhan PT AAL melaksanakan prinsip-prinsip pengelolaan perkebunan berkelanjutan yang ditetapkan oleh pemerintah.  Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pengelolaan perkebunan yang selama ini juga telah dilaksanakan oleh AAL.

Menurutnya, penyerahan sertifikat ISPO tersebut merupakan bukti dukungan dan komitmen pemerintah terhadap industri kelapa sawit yang berkelanjutan di dalam negeri. Sertifikat ini juga merupakan bukti bahwa kelapa sawit merupakan industri yang berkelanjutan.   

"Dengan sertifikasi ini pasar harus melihat hal itu sebagai usaha yang positif dan sudah semestinya memberikan apresiasi terhadap industri kelapa sawit berkelanjutan," tegasnya.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia bukan tanpa arah, melainkan sejak awal menganut cakrawala pandang jauh ke depan (visioner) dan taat azas pada semua ketentuan yang berlaku. Sertifikat ISPO yang telah diterima merupakan audit dari kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku.()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper