Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERKOPERASIAN: 100 Koperasi Diidentifikasi Beraset Minimal Rp10 Miliar

JAKARTA-Sedikitnya 100 koperasi diidentifikasi masuk tiga besar pada tiap provinsi di Tanah Air dengan mengacu pada nilai aset minimal Rp10 miliar dan omzet maksimal Rp50 miliar.
- Bisnis.com 31 Januari 2013  |  19:35 WIB

JAKARTA-Sedikitnya 100 koperasi diidentifikasi masuk tiga besar pada tiap provinsi di Tanah Air dengan mengacu pada nilai aset minimal Rp10 miliar dan omzet maksimal Rp50 miliar.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Setyo Heriyanto mengatakan masih ada kriteria lain yang harus dipenuhi oleh koperasi apabila ingin terdaftar atau masuk dalam skala tiga besar di tingkat provinsi.

Dia menjelaskan koperasi terkait harus mempunyai jumlah anggota minimal sebanyak 1.000 orang. Dengan jumlah tersebut, tiap koperasi dinilai layak mendapat predikat skala tiga besar pada tiap provinsi. Sebab kekuatan koperasi sejatinya dari kekuatan atau jumlah anggota.

Semakin besar jumlah anggota, semakin besar potensi kekuatan koperasi secara ekonomi dari akumulasi simpanan. Sebab permodalan atau pembiayaan sebagai kekuatan utama setiap organisasi maupun kelompok masyarakat, bisa dipenuhi secara mandiri melalui jumlah anggota sebanyak 1.000 orang.

“Program pengembangan koperasi skala besar merupakan salah satu program untuk mendorong koperasi tumbuh menjadi pelaku usaha pada skala besar dan daftar 100 besar koperasi besar itu dihasilkan pada tahun buku 2012,” ujarnya kepada Bisnis, hari ini (31/1).

Dia menambahkan penetapan koperasi skala besar pada tiap provinsi dihasilkan melalui koordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi dan instansi lainnya dari pusat. Sedangkan pedoman pengembangannya mengacu pada Peratuan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 7/Per/M.KUKM/IX/2011.

“Keberadaan koperasi skala besar di setiap provinsi, diupayakan menjadi lokomotif untuk menarik dan mendorong koperasi lainnya saat menjalankan bisnis maupun pekerjaan lain terkait dengan peningkatan aktivitas maupun kemitraan dengan pelaku usaha,” jelasnya. (yus)





 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top