Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMBER DAYA AIR: Indonesia & Jepang kerja sama pengelolaan

JAKARTA: Indonesia bekerja sama dengan Jepang dalam hal pengembangan kapasitas pengelolaan sumber daya air terpadu bertopik utama Integrated Water Resouces Management (IWRM).Dirjen Sumber Daya Air Moh. Hasan mengatakan pengelolaan sumber daya air terpadu

JAKARTA: Indonesia bekerja sama dengan Jepang dalam hal pengembangan kapasitas pengelolaan sumber daya air terpadu bertopik utama Integrated Water Resouces Management (IWRM).

Dirjen Sumber Daya Air Moh. Hasan mengatakan pengelolaan sumber daya air terpadu (Integrated Water Resources Management) memiliki tujuan pendekatan dalam  kebijaksanaan dan pengelolaan strategi.

Langkah itu terkait dengan sumber daya air dan pengelolaan banjir yakni untuk memaksimalkan perekonomian serta permasalahan sosial yang ada.

"Pengelolaan sumber daya air terpadu juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial tanpa mengorbankan keberlanjutan ekosistem melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman terbaru yang dilakukan sebagai bentuk kerja sama antar negara," ujarnya, Kamis (31/1/2013).

Salah satu bentuk kerja sama tersebut yakni workshop Indonesia-Japan Joint Integrated Water Resources Management (IWRM), Capacity Development di Jakarta.  

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Perum Jasa Tirta I (PJT I), Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI), Japan Water Agency (JWA) dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Kegiatan joint workshop ini merupakan media yang baik dalam menyalurkan pengetahuan serta petunjuk teknis bagi para professional di bidang teknik  sumber daya air untuk belajar menerapkan IWRM secara optimal," ujarnya.  (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper