Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA KEDELAI: Dikendalikan Pada Kisaran Rp7.000 Per Kg

News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Januari 2013  |  07:33 WIB

JAKARTA-- Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyatakan akan mengendalikan  harga kedelai di kisaran Rp7.000 per  kg,  bila  tiba-tiba harga di pasaran jatuh karena masih cukup menguntungkan.
 

Menurutnya, Bulog membeli kedelai  pada harga  keekonomiannya sekitar Rp7.000 per kig, sehingga nilai tukar petaninya cukup.

 

“Setiap importir harus membeli seluruh punya petani itu, terutama Bulog. Nah kekurangannya diimpor melalui importir terdaftar yang diatur kemendag,"  ujarnya di Jakarta, Rabu (30/1)

 

Hatta menjelaskan hal tersebut untuk menjaga stabilitas harga pada petani karena pemerintah sedang melakukan gerakan swasembada pangan.

"Sekarang ini kan petani menghasilkan kedelai sekitar 700.000-800.000 ton, sehingga masih ada impor 1,5 juta ton. Kalau dinaikan di atas 1 juta ton (produksi petani) maka tahun ini semakin susut impornya," ujarnya.
 

Sebelumnya, Menteri Pertanian Suswono mengatakan impor kedelai besar dan murah memaksa harga jual kedelai jatuh. Apalagi, ketersediaan lahan kedelai tidak merepresentasi kebutuhan nasional. "Saat ini lahan 700.000 hektare"

Menurutnya,  Kementan tengah mencari lahan baru tanam kedelai. Saat ini pemerintah tengah menjajaki potensi penyediaan lahan pada  7 provinsi.

"Potensi yang ada untuk lahan kedelai yaitu Aceh dan enam provinsi yang lain. Ini masih memungkinkan dan akan berpotensi hasilkan 1,7 juta ton/tahun," katanya. (Antara/if)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top