Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BATAVIA AIR PAILIT: Seluruh Maskapai Diminta Tampung Puluhan Rute Yang Dilayani

JAKARTA: Seluruh maskapai penerbangan lain dihimbau agar menampung puluhan rute yang dilayani oleh Batavia Air yang menyatakan berhenti beroperasi per 31 Januari 2013 pascakeputusan pailit Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Rabu sore ini.Dirjen Perhubungan

JAKARTA: Seluruh maskapai penerbangan lain dihimbau agar menampung puluhan rute yang dilayani oleh Batavia Air yang menyatakan berhenti beroperasi per 31 Januari 2013 pascakeputusan pailit Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Rabu sore ini.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S Gumay mengatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk membantu menampung rute sama yang dilayani oleh Batavia Air.

"Mereka sudah kerja sama dengan Mandala Air, jadi rute--rute yang mereka bisa akan dilayani, saya juga sudah telpon manajemen Lion Air, saya kira Sriwijaya juga akan membantu," katanya dalam konferensi pers soal pailitnya Batavia Air, Rabu malam (30/1).

Herry Bakti mengatakan mekanisme diharapkan maskapai yang menampung rute tersebut minimal menetapkan harga yang paling minimal. Kemenhub, katanya, juga akan memberikan izin terhadap rute--rute tersebut.

Dengan begitu, calon penumpang Batavia Air yang sudah memiliki tiket akan ditangani oleh maskapai penerbangan lain yang beroperasi pada penerbangan yang sama berdasarkan kerja sama operasi dengan Batavia Air.

"Kami hanya mengimbau airlines lain, untuk tampung karena ini wilayah bisnis antar mereka, minimal pada harga terendah, minimal jangan cari untung," katanya.

Dia menegaskan berdasarkan hasil keputusan Pengadilan Niaga Jakarta, telah memutuskan PT Metro Batavia, operator Batavia Air, dinyatakan pailit. Dengan dengan demikian, guna meminimalisir dampak terkecil, maskapai yang gagal dibeli oleh AirAsia itu memutuskan stop beroperasi per 31 Januari 2013.

Selain itu, Kemenhub juga menginstruksikan kepada Batavia Air dan personilnya untuk tetap berada di lapangan mulai Kamis, 31 Januari 2013 dan memberikan informasi atau penjelasan mengenai kondisi perseroan kepada calon penumpang sekaligus untuk penanganan penumpang.

Tak hanya itu, Kemenhub juga telah menginstruksikan kepada Otoritas Bandara, Kepala Bandara, dan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II untuk mengantisipasi penanganan calon penumpang Batavia Air. (bas)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Henrykus Nuwa Wedo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper