Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BATAVIA AIR PAILIT: Seluruh Maskapai Diminta Tampung Puluhan Rute Yang Dilayani

JAKARTA: Seluruh maskapai penerbangan lain dihimbau agar menampung puluhan rute yang dilayani oleh Batavia Air yang menyatakan berhenti beroperasi per 31 Januari 2013 pascakeputusan pailit Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Rabu sore ini.Dirjen Perhubungan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Januari 2013  |  23:42 WIB

JAKARTA: Seluruh maskapai penerbangan lain dihimbau agar menampung puluhan rute yang dilayani oleh Batavia Air yang menyatakan berhenti beroperasi per 31 Januari 2013 pascakeputusan pailit Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Rabu sore ini.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S Gumay mengatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk membantu menampung rute sama yang dilayani oleh Batavia Air.

"Mereka sudah kerja sama dengan Mandala Air, jadi rute--rute yang mereka bisa akan dilayani, saya juga sudah telpon manajemen Lion Air, saya kira Sriwijaya juga akan membantu," katanya dalam konferensi pers soal pailitnya Batavia Air, Rabu malam (30/1).

Herry Bakti mengatakan mekanisme diharapkan maskapai yang menampung rute tersebut minimal menetapkan harga yang paling minimal. Kemenhub, katanya, juga akan memberikan izin terhadap rute--rute tersebut.

Dengan begitu, calon penumpang Batavia Air yang sudah memiliki tiket akan ditangani oleh maskapai penerbangan lain yang beroperasi pada penerbangan yang sama berdasarkan kerja sama operasi dengan Batavia Air.

"Kami hanya mengimbau airlines lain, untuk tampung karena ini wilayah bisnis antar mereka, minimal pada harga terendah, minimal jangan cari untung," katanya.

Dia menegaskan berdasarkan hasil keputusan Pengadilan Niaga Jakarta, telah memutuskan PT Metro Batavia, operator Batavia Air, dinyatakan pailit. Dengan dengan demikian, guna meminimalisir dampak terkecil, maskapai yang gagal dibeli oleh AirAsia itu memutuskan stop beroperasi per 31 Januari 2013.

Selain itu, Kemenhub juga menginstruksikan kepada Batavia Air dan personilnya untuk tetap berada di lapangan mulai Kamis, 31 Januari 2013 dan memberikan informasi atau penjelasan mengenai kondisi perseroan kepada calon penumpang sekaligus untuk penanganan penumpang.

Tak hanya itu, Kemenhub juga telah menginstruksikan kepada Otoritas Bandara, Kepala Bandara, dan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II untuk mengantisipasi penanganan calon penumpang Batavia Air. (bas)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Henrykus Nuwa Wedo

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top