Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BATAVIA AIR SETOP OPERASI: Seluruh Karyawan Diberhentikan

JAKARTA-Manajemen Batavia Air menyatakan menerima putusan pailit Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sesuai dengan putusan pengadilan No.77/pailit/2012/PN.NIAGA.JKT.PST tanggal 30 Januari 2013.
- Bisnis.com 30 Januari 2013  |  21:15 WIB

JAKARTA-Manajemen Batavia Air menyatakan menerima putusan pailit Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sesuai dengan putusan pengadilan No.77/pailit/2012/PN.NIAGA.JKT.PST tanggal 30 Januari 2013.

Permintaan pailit itu diajukan oleh perusahaan sewa guna pesawat International Lease Finance Corporation (ILFC).

“Manajemen Batavia Air menerima putusan pailit itu,”kata Elly Simanjuntak, Manajer Humas Batavia Air, malam ini (30/1).

Gugatan pailit itu menyangkut ketertarikan Batavia Air untuk mengambil pesawat jenis pesawat wide body Airbus 330 untuk angkutan penerbangan jemaah haji.

Ternyata, 3 tahun berturut-turut Batavia Air tidak mendapatkan proyek haji, sehingga timbul tunggakan pembayaran. ILFC lalu melayangkan permohonan pailit kepada Batavia Air  ke  Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 20 Desember 2012.

“Adanya informasi negatif dan simpang siur mengenai Batavia Air yang beredar selama beberapa waktu terakhir ini mengakibatkan hilangnya kepercayaan para agen, pelanggan, dan partner bisnis Batavia Air. Dan setelah keluarnya putusan pailit tersebut, dengan sangat terpaksa seluruh kegiatan operasional bisnis penerbangan Batavia Air ditutup mulai pukul 00:00 WIB pada 31 Januari 2013,” ujarnya.

Surat Pemberitahuan Setop Operasi telah dikirimkan malam ini (Rabu, 30/1) juga kepada Ditjen Perhubungan Udara.

Dia mengatakan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menunjuk empat kurator yakni Turman Panggabean, Andra Reinhard Sirait (Lawfirm Duma & Co), Permata N Daulay (Law Firm PN Daulay & Partners) dan Alba Sukma Hadi (Sukma & Partners).

Menurutnya, para kurator tetap itu akan membantu menangani segala urusan dan dampak dari penutupan perusahaan Batavia Air.

Adapun seluruh karyawan Batavia Air efektif mulai 31 Januari 2013 dengan sangat terpaksa diberhentikan secara hormat kecuali mereka yang ditunjuk sebagai tim pemberesan.

Batavia Air didirikan pada 2002 dan awalnya berhasil membangun reputasi sebagai maskapai lokal. Perseroan sempat mengoperasikan armada terdiri dari 33 pesawat, Batavia Air melayani 42 rute penerbangan domestik dan rute internasional di antaranya, Singapura, Jeddah, Riyadh, Kuching, Dili, Guangzhou, Hangzhou.(yus)





 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top