Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA-Pusat perbelanjaan diprediksi akan mendapatkan tambahan lonjakan pengunjung hingga di atas 30% menjelang perayaan Tahun Baru Cina 2564 atau Imlek pada 10 Februari mendatang.
 
Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan biasanya dua minggu atau sepuluh hari menjelang Tahun Baru Imlek lonjakan pengunjung ini sudah mulai terlihat.
 
"Khusus di Jakarta, konsentrasi pengunjung akan tertuju di kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Sedangkan untuk kota penyangga, kawasan Tangerang dan Serpong akan ramai," kata Stefanus saat dihubungi Bisnis, Senin (28/1).
 
Pusat perbelanjaan di kawasan tersebut mengalami kenaikan yang tertinggi karena banyak warga etnis Tionghoa bermukim di sana. Dapat dipastikan mereka akan membeli pernak-pernik Imlek atau baju serba merah di mal terdekat.
 
Dia menambahkan pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta lainnya juga akan mengalami peningkatan jumlah kujungan meski tidak signifikan. Pengunjung di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan hanya naik 20%.
 
Kenaikan jumlah kunjungan ini, lanjutnya, memang tidak seperti saat perayaan menjelang Natal atau Idul Fitri. Ini dikarenakan tidak banyak orang yang merayakan Tahun Baru Cina. Pusat perbelanjaan biasanya hanya akan membuat konsep yang menonjolkan kemewahan pesta saja.
 
Ciri khas Imlek seperti pernak-pernik dekorasi serba merah, lampion, barongsai, hingga wayang potehi akan menjadi pilihan mereka untuk menarik perhatian pengunjung. Selain itu, perang diskon akan menjadi strategi wajib lain.
 
Stefanus menuturkan dari tahun ke tahun jumlah pengunjung pusat perbelanjaan akan terus meningkat seiring bertambahnya masyarakat kelas menengah di Indonesia. Selain itu kegiatan dan promo yang dilakukan oleh pusat perbelanjaan dipastikan semakin variatif setiap tahunnya. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fahmi Achmad
Sumber : Rio Sandy P.

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper