Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA- Pemerintah akan menenderkan enam blok shale gas melalui mekanisme lelang reguler pada 2013.
 
Dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM daftar sementara blok shale gas yang akan ditawarkan melalui lelang reguler berjumlah enam blok. Keenam blok tersebut a.l Blok North Tarakan, Berau, Kutai I, dan Kutai II yang berlokasi di Kalimantan dan dua lainnya berlokasi di Sumatera Selatan yaitu Blok Rama dan Shinta.
 
Adapun penawaran blok tersebut merupakan hasil studi evaluasi dan interpretasi potensi shale gas di Sumatera dan Kalimantan yang dilakukan Ditjen Migas pada 2011-2012. Dalam situs disebutkan ada lima investor telah menyelesaikan studi bersama pengembangan shale gas.
 
Salah satu investor sudah siap menandatangani kontrak kerja sama yakni PT Pertamina (Persero). Kelima investor merupakan bagian 70 proposal pengembangan shale gas yang diterima pemerintah. Sisanya, adalah empat proposal sedang melakukan studi bersama, 30 sedang dalam proses, 21 akan segera diproses, dan 10 lainnya ditolak karena aplikasinya kurang lengkap.
 
Seperti diketahui, Amerika Serikat telah memanfaatkan shale gas secara massal. Sejak dikembangkan pertama kali tahun 2000, Amerika Serikat diperkirakan menghasilkan shale gas sebesar 16 miliar kaki kubik (BCF) pada 2014.
 
Memang, potensi shale gas di Indonesia lebih besar dibandingkan dengan potensi CBM. Diharapkan pengembangan bisnis shale gas di Indonesia akan bagus seperti di Amerika Serikat. Pengembangan shale gas di Indonesia tidak bisa dalam waktu cepat lantaran teknologi yang belum mencukupi.
 
Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Indonesia memiliki sumber daya shale gas sebanyak 570 triliun kaki kubik (tcf). Di Amerika Serikat, berkat produksi shale gas yang melimpah, maka harga gas di pasar menjadi lebih terjangkau. Rata-rata harga gas di AS kini ada di bawah harga pasar tanpa subsidi pemerintah, yakni sekitar US$3 per juta british thermal unit (MMbtu).
 
Di Indonesia, cadangan shale gas antara lain berlokasi di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Papua.(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper