Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MINUMAN BERKARBONASI: Pengusaha keberatan dikenai cukai

- Bisnis.com 24 Januari 2013  |  17:31 WIB
JAKARTA: Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) keberatan jika minuman berkarbonasi berpemanis masuk kategori kena cukai sesuai UU No. 39/2007 tentang Cukai, sehingga mesti dikendalikan konsumsinya seperti halnya minuman keras, karena dinilai bisa membahayakan kesehatan,
 
Sekretaris Jenderal Asrim Suroso Natakusuma mengatakan jika memang dinilai berbahaya bagi kesehatan tentunya, minuman berkarbonasi berpemanis tidak mendapatkan izin edar baik di dalam maupun luar
negeri.
 
“Ada UU Cukai No.39/ 2007, ada 4 kriteria komoditi kena cukai, [antara lain] cukai [untuk] mengendalikan konsumsi karena misalnya membahayakan kesehatan. Minuman soda [dinilai] mempunyai dampak kesehatan.  Informasi itu kurang berdasar,” kata Suroso, Kamis (24/1/2013).
 
Jika memang berbahaya bagi kesehatan, ujarnya, tentunya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak akan mengizinkan produk minuman berkarbonasi berbedar. 
 
Demikian juga  peredarannya di luar negeri tentunya setelah dilakukan pemeriksaaan dari segi keamanan.
 
Suroso mengatakan pengenaan cukai  pada dasarnya adalah tindakan untuk mengendalikan karena dinilai berbahaya bagi kesehatan.
 
“Sekarang komoditi kena cukai rokok, minuman keras, minuman alkohol. Kalau minuman karbonasi akan disamakan dengan ini tak cocok. Filosofi tak memenuhi kriteria produk kena cukai,” kata Suroso.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top