Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANDARA KUALA NAMU: Uji Coba Layanan KA Maret 2013

JAKARTA—PT Railink operator kereta bandara Kuala Namu-Medan menyatakan pengoperasian KA Bandara Kualanamu akan dilakukan pada Maret 2013.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  22:03 WIB

JAKARTA—PT Railink operator kereta bandara Kuala Namu-Medan menyatakan pengoperasian KA Bandara Kualanamu akan dilakukan pada Maret 2013.

Direktur Komersial PT Railink  Makmur Syaheran mengatakan rencana uji coba KA bandara Kuala Namu atau yang disebut dengan ARS (Airport Railink Services) akan dilakukan pada Maret 2013 sejalan dengan rencana operasi Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA).

Makmur menjelaskan  PT Railink akan mengoperasikan sebanyak 26 kali perjalanan KA sehari  oleh 16 unit kereta diesel yang terdiri  dari 4 set kereta dengan jumlah kapasitas per unit sebanyak 172 penumpang.

Makmur menambahkan  waktu tempuh KA bandara Kuala Namu diperkirakan selama 30 menit sekali perjalanan dengan selang interval selama satu jam.

“ Pengadaan 16 unit KRT itu dibeli dengan dana eksternal dan akan beroperasi sejak Oktober 2013,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada Bisnis hari ini, Senin (21/1/2013).  

Dia menjelaskan untuk tahap awal dari Maret hingga Oktober 2013 PT Railink akan menggunakan kereta milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Kementerian Perhubungan

Dia mengungkapkan pembangunan jalur (track) kereta api sepanjang 28 km telah selesai dan jalur eksiting saat ini telah remajakan oleh PT KAI dan Satuan kerja Ditjen Perkeretapian Kemenhub.

KA Bandara, tuturnya akan melewati jalur dari Stasiun Medan - Aras Kabu - Kuala Namu yang  sebagian jalurnya telah ada dan jalur dari Aras Kabu ke Bandara Kuala Namu merupakan jalur baru.  

Menurutnya KA Bandara akan beroperasi mulai pukul 04.30 WIB hingga 20.30 WIB dan berangkat dari stasiun KA Bandara Medan sampai dengan stasiun KA Bandara Kuala Namu.   (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top