Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRANSPORTASI LAUT: Kapal pesiar sandar di Tanjung Mas makin besar

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia III  mencatat selama 2012  terdapat 9.683 wisatawan asing yang mengunjungi sejumlah objek wisata Jawa Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Januari 2013  |  23:51 WIB

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia III  mencatat selama 2012  terdapat 9.683 wisatawan asing yang mengunjungi sejumlah objek wisata Jawa Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

 

Humas PT Pelabuhan Indonesia III (PT Pelindo III), Edi Priyanto mengatakan para wisatawan asing datang untuk berwisata di Jawa Tengah dengan menggunakan kapal pesiar.


Edi menjelaskan jumlah kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Emas selama 2012 mencapai 17 unit.


Edi menambahkan kunjungan kapal pesiar di pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 2012 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan 2011 sebanyak 19 unit kapal.


“Meskipun terjadi penurunan jumlah kapal pesiar yang datang tetapi kapal yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas ukurannya semakin besar dengan meningkatnya total bobot kapal (Gross Tonage/GT),” ujarnya kepada Bisnis,  Jumat (18/1).


Dia mengungkapkan pada 2011 total bobot kapal pesiar mencapai 555 ribu GT dan pada 2012 total bobot kapal mencapai 595 ribu GT.


Menurutnya Jawa Tengah selama ini menjadi tujuan wisata bagi penumpang kapal pesiar selain Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.


Peninggalan sejarah seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, tuturnya merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan penumpang kapal pesiar. (arh)

 

 


 
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top