Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENYELUNDUPAN BBM: Kepolisian Akan Tindak Tegas Aparat Yang Terlibat

KUPANG-- Kepala Kepolisian Daerah NTT Brigadir Jenderal Polisi Ricky Sitohang yakin ada aktor di balik penyelundupan barang kebutuhan pokok maupun bahan bakar minyak ke negara baru Timor Timur. Dia juga akui ada oknum polisi terlibat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Desember 2012  |  13:50 WIB

KUPANG-- Kepala Kepolisian Daerah NTT Brigadir Jenderal Polisi Ricky Sitohang yakin ada aktor di balik penyelundupan barang kebutuhan pokok maupun bahan bakar minyak ke negara baru Timor Timur. Dia juga akui ada oknum polisi terlibat.

 
"Patut diingat, jika tidak ada aktor di balik ini, aktivitas penyelundupan ke sana tidak mungkin marak terjadi, karena ada aparat keamanan yang bertugas mengamankan wilayah perbatasan, walaupun dalam jumlah yang tidak signifikan," kata Sitohang, dalam jumlah pers akhir tahun, di Kupang, Senin (30/12/2012).Yang menarik, selama 2012, peningkatan penyelundupan BBM bersubsidi dan barang keperluan pokok ke Timor Timur melonjak drastis, hingga 600 persen. 
 
"Ada oknum aparat kepolisian yang ikut mendalangi penyelundupan ke negara itu, dan kami tidak segan-segan mengambil tindakan tegas," katanya.Di sisi lain, penyelundupan BBM bersubsidi dan bahan keperluan pokok ke negara Timor Timur juga sangat menggiurkan bagi pengusaha setempat. "Perbedaan harga yang sangat mencolok. Inilah yang mendorong pengusaha melakukan penyelundupan," katanya."Contoh, harga premium ataupun solar di Indonesia hanya Rp4.500/liter tetapi di Timor Timur bisa Rp12.000/liter," katanya. Penyelundupan bisa terjadi melalui pintu-pintu resmi hingga jalan-jalan tikus di pegunungan.
 
Indonesia menempatkan satu batalion pasukan infantri TNI AD untuk mengamankan perbatasan secara fisik di sana. Akan tetapi yang memiliki kewenangan penegakan dan penindakan hukum secara formal di garis perbatasan adalah polisi yang menempatkan beberapa pos polisi di sepanjang garis perbatasan, selain personel dari Bea dan Cukai setempat. (Antara/spr)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top